Jaring Pemain Muda AAFI Jayapura Gelar Turnamen Futsal

1170

Ketua Tim Kerja AAFI Jayapura, Patrisius Randa, SH, MH dan Bendahara Tim Kerja AAFI Jayapura, Herson L, SE foto bersama usai memberikan keterangan pers di Kotaraja, Kamis (22/02/2018). Foto : Arie Bagus/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.comMeski Asosiasi Akademi Futsal Indonesia (AAFI) Regional Jayapura baru dalam proses pembentukan tetapi organisasi olahraga ini langsung menyusun sejumlah program untuk mencari dan menjaring bibit muda berkualitas di Provinsi Papua khususnya di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Ketua Tim Kerja AAFI Jayapura, Patrisius Randa, SH, MH mengatakan pada rapat dan pertemuan dengan seluruh pengurus AAFI  Jayapura, telah diputuskan pada awal Maret mendatang pihaknya akan menggelar kompetisi Futsal se Kota dan Kabupaten Jayapura.

“jadi yang akan kami adakan itu turnamen futsal antar akademi Futsal sekota Jayapura dan Kabupaten Jayapura adapun juaranya nanti akan berhak mewakili Provinsi Papua untuk mengikuti turnamen yang sama di level nasional” kata Patrisius saat ditemui PapuaSatu.com di Kotaraja, Kota Jayapura, Kamis (22/02/2018).

Peserta yang akan ikut dalam turnamen ini berasal dari 12 akademi futsal di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Disamping itu, Patrisius juga mengungkapkan bahwa banyak tim futsal ataupun sepak bola hanya mencaplok pemain yang sudah jadi saja tanpa melakukan pembinaan kepada pemain muda.

“intinya ini sebenanrnya pembinaan untuk mencari bibit-bibit berkualitas. Karena biasanya tim-tim besar itu hanya mencaplok pemain yang sudah jadi saja, hal itu bukan hanya di Futsal saja dalam sepak bola jugakan banyak tim yang suka mencaplok pemain yang sudah jadi” ujarnya.

“sementara pemain-pemain muda ini sama sekali tidak ada yang mau bina, maka itu kami gelar turnamen ini agar pembinaan terhadap bibit muda yang berkualitas dapat terus berjalan” tambah Patrisius.

Dilanjutkannya, liga ini akan dilaksanakan selama tiga bulan hingga bulan Mei 2018 mendatang.

“Setelah lolos dari Papua tim yang menjadi pemenang ini akan masuk ke regional Indonesia Timur dan selanjutnya masuk ke level nasional. Jadi ibaratnya berjenjang dan berlanjut” tukas Patrisius.

Untuk sponsor, dirinya mengungkapkan bahwa ada beberapa perusahaan swasta yang telah siap membantu untuk menyemarakkan turnamen tersebut.

“Individu juga ada. Tapi yang luar biasa adalah berkat perhatian dari pemerhati futsal di Jayapura sehingga turnamen ini bisa berjalan. Kalu tidak ada inisiatif dan perhatian dari teman-teman liga ini tidak akan bisa jalan entah itu teman-teman pelatih, manager dan lain-lain” pungkasnya.

Menurutnya kalau Papua Barat sudah ada klub futsal yang bisa mewakili provinsinya untuk berlaga di kanca nasional kenapa di Papua tidak?

Sementara itu Bendahara Tim Kerja AAFI Jayapura, Herson L, SE menambahkan bahwa pra liga ini akan dimulai pada tanggal 3 Maret 2018 dan berakhir pada bulan Mei.

“Kenapa kita sampai bulan Mei karena liganya nanti akan ditargetkan akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 karena kita mengikuti kalender nasional, karena begitu selesai disini tim yang jadi pemenang akan masuk ke tingkat nasional” ungkap Herson.

Herson juga mengucapkan terimakasih kepada owner Wiguna Sport Center dan Lapangan Futsal ACR Sentani yang telah mendukung kegiatan tersebut. “Makanya untuk lapangan kita dapat dengan harga yang cukup terjangkau” tutup Herson. [abe]