Kasdam XVII/Cenderawasih Buka Kejurda Karate Piala Pangdam

872

Kasdam XVII-Cenderawasih, Brigadir Jenderal TNI Herman Asaribab saat membuka Kejuaraan Karate Piala Panngdam di GOR Waringin, Kota Raja. Foto : Arie Bagus

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kejurda Karate Piala Pangdam XVII/Cenderawasih 2017, resmi dibuka oleh Kepala Staf  Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cenderawasih, Brigadir Jenderal TNI Herman Asaribab, di GOR Waringin Kota Jayapura, Kamis (07/09).

Sebelum membacakan sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit, ia mengucapkan permohonan maaf  kepada seluruh Karateka dan tamu undangan yang hadir dalam pembukaan Kejurda Karate Piala Pangdam tahun 2017 yang tidak dapat dibuka langsung oleh Pangdam dikarenakan saat ini Pangdam XVII/Cenderawasih sedang bertugas dengan KASAD TNI di Timika sehingga ia diperintahkan untuk mewakili beliau.

Dalam sambutan tersebut ia juga mengatakan selamat datang kepada seluruh Karateka yang ikut dalam Kejurda Karate Piala Pangdam di GOR Waringin Kota Raja yang disertai harapan semoga event in dapat meningkatkan prestasi dan menumbuhsuburkan rasa persatuan dan kesatuan anak bangsa di wilayah Papua.

Selain itu Kasdampun menambahkan bahwa kejuaraan tersebut bagi anggota TNI adalah untuk menyiapkan Karateka yang akan mengikuti Kejuaraan Panglima TNI Cup yang akan digelar pada bulan September 2017.

Kasdam juga menambahkan, bagi peserta dari sipil untuk menyiapkan Karateka yang akan ikut pada PON 2020 di Papua, serta untuk mengoptimalisasi kegiatan Binter di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

“Karate adalah salah satu cabang olahraga yang banyak digemari oleh hampir seluruh masyarakat diseluruh wilayah Indonesia, termasuk masyarakat Papua namun, untuk meraih prestasi terbaik tidak mungkin diperoleh hanya dengan cara berpangku tangan saja, melainkan harus dengan kerja keras dan semangat yang tinggi sehingga muncul talenta Karate dari prajurit TNI maupun masyarakat Papua” katanya dalam sambutan tersebut.

Untuk itu besar harapannya pada pelaksanaan kejuaraan karate ini hendaknya digunakan sebagai penyebar semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kebersamaan, dan kekompakan dengan mengedepankan rasa saling menghargai dan menghormati baik sesame peserta maupun dengan wasit dan penyelenggara pertandingan yang semua itu akan menjadi mata rantai yang kuat dalam membangun prestasi.

Kejurda Karate Piala Pangdam XVII/Cenderawasih ini diikuti oleh 296 peserta yang terdiri dari 213 putra dan 83 putri dari 22 kontingen yang berasal dari seluruh Tanah Papua dan dibagi dalam berbagai kelas.

Hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan tersebut adalah Piala Bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih berdasarkan perolehan medali emas terbanyak yang berhasil di dapatkan oleh salah satu kontingen yang ikut serta dalam kejuaraan tersebut.

Untuk juara umum I, II dan III selain memperoleh piala tetap Danrem 172/PWY akan mendapatkan  uang pembinaan sebesar 25 juta Rupiah untuk juara umum I, 20 juta untuk juara umum II, dan 15 juta untuk juara umum III.

Sementara untuk juara best of the best akan diperebutkan juara antar juara kelas U 21 dan kelas Senior yang akan mendapatkan uang pembinaan sebesar 5 juta Rupiah untuk putra dan putri dan setiap juara akan mendapatkan sertifikat prestasi. (Abe)