KONI Kota Jayapura Komitmen Sukseskan PON 2020

739
?

Caption Foto : Sekertaris Umum Koni Provinsi Papua Kenius Kogoya saat melantik Pengurus Koni Kota Jayapura periode 2017 -2021. (Mosa/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –Sekertaris Umum Koni Provinsi Papua Kenius Kogoya, melantik Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jayapura-Papua Resmi terbentuk untuk periode 2017 – 2021 di Gor Waringin, Kotaraja-Jayapura-Papua, Kamis (05/04/2018).

“Berbagai perjuangan telah dilakukan Pemerintah Provinsi Papua untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020  sehingga kesempatan mengajak para pengurus PON untuk tidak menyiakan-nyiakan,” kata Kenius dalam sambutannya disela-sela pelantikan,.

Dikatakannya, dengan menjadi tuan rumah PON Papua bukan hanya menjadi pelengkap tetapi juga harus sukses prestasi dan ini harus diwujutkan paling tidak harus berada di lima besar  bila perlu tiga besar, sehingga untuk mencapai itu perlu adanya persiapan yang dilakukan dengan baik.

Kota Jayapura sebagai salah satu klaster dalam PON nanti akan mempertandingkan beberapa cabang olahraga. Untuk itum Kenius mengharapkan kepada pengurus Koni Kota Jayapura yang baru dilantik agar dapat menggenjot cabang-cabang olahraga yang ada di Kota Jayapura untuk melakukan tes dalam perekrutan atlit-atlit berbakat.

“Kami harapkan kerjasama dari pengurus Koni Kota untuk bagaimana membangkitkan cabang – cabang olahraga yang ada di kota ini. Kami berharap agar sebanyak mungkin kita siapkan atlit – atlit kita yang berbakat untuk masuk dalam ajang pelaksanaan PON 2020 mendatang,” harapnya.

Sekertaris PB PON Papua Yusuf Yambe Yabdi menyampaikan, pihaknya  sudah melakukan langkah – langkah untuk menyiapkan infrastruktur dan untuk mendukung PON. Bahkan Pemerintah Pusat telah memberikan dukungan dana sebesar 1,6 Triliun inilah langkah yang diambil Negara untuk mengoptimalisasi persiapan PON 2020.

Dikatakan Kota Jayapura merupakan klaster penentu termasuk Kabupaten Jayapura karena hampir 58 cabang olahraga yang akan digelar sehingga per rill dilihat kesiapan sumber daya pendukung, yang nantinya ikut mensukseskan PON 20 Tahun 2020 yang rencananya akan dibuka pada tanggal 20 September 2020.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pembinaan olahraga di Kota Jayapura selalu Koni menempatkan pemerintah diatas  karena pemerintah yang memberikan support untuk jalannya pembinaan ini. “Kami berharap dengan terbentuknya koni Kota Jayapura dapat membantu  koni papua dalam menyiapkan atlit,”harapnya.

Sementara itu Ketua Umum Koni Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menyampaikan, Pemerintah Kota Jayapura dan Koni Kota Jayapura siap mendukung dan mengsukseskan peyelenggaraan PON 2020 dan harus tetap optimis.

“Koni Kota Jayapura harus siap  dan mendukung seratus persen penyelenggaraan pon 2020. Itulah komitmen pemerintah kota jayapura, muspida  dan seluruh masyarakat kota jayapura. Untuk itu teman-teman saya yang baru dilantik mari kita bekerja  untuk mengsukseskan penyelenggaraan PON 2020.”ujarnya.

Dikatakan, Kota Jayapura adalah gudang atlit sehingga pengurus – pengurus cabang olahraga yang ada di Kota Jayapura  diminta  untuk mempersiapkan atli – atlit berprestasi  untuk dismbangkan pada PON 2020 nanti bahakan untuk tingkat internasional.

“Ini komitmen kita. Kita akan siapkan atlit secara baik karena kota jayapura lengkap dengan fasilitas yang memadai  dan koni jayapura berkomitmen untuk memberikan dana pembinaan  kepada semua cang-cabang olahrag yang ada di kota jayapura,” pungkasnya. [moza]