KONI Pusat Sosialisasikan Persiapan PON XX di Kabupaten Jayapura

871
Tampak suasana sosialisasi persiapan PON XX di Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Senin (11/9) kemarin. (Piet/PapuaSatu.com)

SENTANI, PapuaSatu.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama KONI Papua menggelar mensosialisasikan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 dengan Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura.

Sosialisasi ini dilakukan melalui pertemuan yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (11/9/2017) tadi siang.

Hadir dalam pertemuan itu masing,  Ketua Sub PB PON XX yang juga Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw SE, M.Si, Sekretaris KONI Papua yang juga Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadis Orda) Papua, Yusuf Yambeyabdi, Wakil Keum I KONI Pusat Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Pembinaan Organisasi yang juga Ketua Panitia Pengarah dan Pengawas PB PON Papua, Mayjen TNI (Purn) Suwarno serta seluruh kepala OPD di ruang lingkup Pemkab Jayapura.

Kepada wartawan Sekretaris KONI Papua, Yusuf Yambeyabdi mengatakan, pertemuan dengan Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura ini merupakan bagian dari sosialisasi awal persiapan pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang.

“Ini adalah sosialisasi awal persiapan pelaksanaan PON XX atau lebih kepada penjelasan awal tentang persiapan PON XX khususnya di Kabupaten Jayapura sekaligus mengkonfirmasi persiapan pelaksanaan PON XX mengenai capaian-capaian dan juga progrees pembangunan venue PON,” ungkap Yusuf Yambeyabdi yang juga Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provnsi Papua.

Dalam pertemuan itu, kata Yusuf, pihaknya telah melakukan banyak hal dan salah satunya dengan cara menyampaikan langsung ke Presiden RI Joko Widodo, sehingga Presiden mengeluarkan (menerbitkan) Instruksi Presiden (Inpres) tentang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2020 mendatang.

Selain itu, terkait dengan persiapan tekhnis, pihaknya sudah menyiapkan venue (sarana) PON XX tahun 2020. Sebab hal tersebut sangat penting agar dilakukan karena tidak mungkin PON dilaksanakan tanpa adanya penunjang venue, dan apbila sudah bejralan maka dibantu oleh KONI Pusat untuk menyiapkan cabang olahraga (Cabor) dan perangkat pertandingan.

Disamping iut, sosialisasi ini untuk disampaikan kepada para kepala daerah yang wilayahnya dijadikan sebagai tempat pelaksanaan PON XX seperti Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayawijaya dan Kota Jayapura, agar koordinasi persiapan PON XX dapat berjalan lancar.

“Misalnya pada hari ini (kemarin), kita ada di kabupaten Jayapura untuk sampaikan rencana kita yang ingin melaksanakan PON di wilayahnya pak Bupati Jayapura dengan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti,” bebernya.

Usai pertemuan ITU, Kepala Dinas Olahraga Papua Yusuf Yambeyabdi, Wakil Ketua Umum I Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Pembinaan Organisasi KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, S.IP, M.Sc, dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, langsung meninjau pembangunan venue PON Papua di Kampung Harapan. (Piet/Nius)