OPD Jayapura Wajib Lestarikan Gunung Cycloop dan Danau Sentani

837

Caption Foto : Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si,  saat memimpin rapat persiapan pra Musrembang RKPD, di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Selasa (3/4/2018) siang.(Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com)

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura, menggelar rapat persiapan, pra musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerinta Daerah (RKPD) terkait pelestarian parawisata cagar alam Gunung Cycloop dan Danau Sentani, yang direncanakan pada hari Senin, 9 April 2018 bulan ini.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, kawasan Gunung Cycloop dan Danau Sentani harus bisa di petakan dengan baik dengan menerapkan upaya perlindungan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan itu.

“Hal ini dilakukan karena Kabupaten Jayapura akan menujua Kota Jasa, sehingga parawisata di daerah kita harus menjadi andalan untuk masyarakat di Kabupaten Jayapura,” kata Bupati usai rapat bersama pimpinan OPD di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Selasa (3/4/2018) siang.

Dikatakan, pihaknya berencana akan membentuk satu tim kecil untuk menangani pelestarian parawisata cagar alam Gunung Cycloop dan Danau Sentani, agar pelestarian cagar alam tersebut bisa tertata dengan baik.

Apalagi kata dia, Kabupaten Jayapura merupakan salah satu kabupaten yang menjadi tuan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dan juga pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) ke sebelas  mendatang.

“Kita harus melestarikan cagar alam Gunung Cycloop dan Danau Sentani karena nantinya akan ada banyak wisatawan yang akan hadir dalam FDS ke sebelas dan PON 2020 yang akan digelar di Kabupaten Jayapura,” ujarnya

Untuk itu, ia meminta  kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instasi-instasi terkait untuk terus mendukung upaya-upaya yang akan di lakukan oleh Tim kecil yang rencananya akan di bentuk, didalam rapat pra Musrembang RKPD nanti. [tyi/loy]