Sukseskan PON 2020, Ini Catatan Masyarakat Peduli PON 2020 kepada Gubernur Papua

866
Koordinator Masyarakat Peduli PON 2020 Papua, Astir Gombo
Koordinator Masyarakat Peduli PON 2020 Papua, Astir Gombo

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pelaksaan PON ke XX di Tahun 2020 Papua merupakan kebanggaaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Papua kepada pemerintah Provinsi Papua dibawah kepemimpinan Lukas Enembe S.IP. MH dan Klemen Tinal SE.MM.

Pelaksanaan PON di tanah Papua menjadi sejarah baru bagi rakyat Papua dari Gubernur Papua. Kehadiran Gubernur Papua Lukas Enembe benar-benar membuka mata masyarakat karena Papua telah menjadi tuan rumah di Provinsi Paling Timur Indonesia.

Demikian disampaikan Koordinator Masyarakat Peduli PON 2020 Papua, Astir Gombo kepada PapuaSatu.com via selulernya, Sabtu 16 Maret 2019.

Ia mengatakan, Papua dipilih sebagai Tuan Rumah menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi masyarakat Papua. Dimana Ivent bergengsi seperti ini sangat dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat Papua pada umumnya.

Hanya saja, kata Astir Gombo bahwa pelaksanaan PON 2020 di Papua membutuhkan dukungan Moril maupun materi.

“Hal ini sangat penting bagi bagi seluruh masyarakat Papua dalam pelaksanaan PON 2020 nanti hingga kepada seluruh elemen masyarakat Papua dari berbagai unsur diatas tanah ini pada masa-masa persiapan sampai pelaksanaan PON 2020 di Papua,” astir.

Menurutnya, kenyamanan dan ketentraman masyarakat Papua akan melahirkan wujud antusias dan animo masyarakat Papua selama ini.

Oleh sebab itu, tegas dia, masyarakat peduli PON 2020 Papua sangat mengapresiasi kepada Gubernur Papua atas segala perjuangan dan kerja kerasnya.

Dengan upaya yang dilakukan Gubernur Papua, maka pihaknya menyampaikan beberapa hal penting kepada Pemerintah Papua untuk menindaklanjuti dan menjadi pertimbangan demi suksesnya PON 202o yakni, pertama Gubernur Papua sebagai penanggungjawab umum pelaksanaan PON 2020 untuk segera melantik Definif Kepala Dinas Olahraga Dan Pemuda Provinsi Papua, kondisi Kepala Dinas saat ini adalah Pelaksana Tugas, ketiadaan kepala dinas definitive saat ini menjadi kekuatiran kami dalam hal pelaksanaan kegiatan PON 2020 mendatang.

“Kepala Dinas yang akan dilantik secara Definitif menjadi tanggaungjawab penuh sesuai tugas dan tanggungjawab dinas terkait pelaksanaan PON 2020 di Papua,” ucap Astir.

Kedua, lanjut Astir atas nama Masyarakat Peduli PON 2020 Papua memohon kepada Gubernur Papua untuk segera mengevaluasi kepengurusan yang ada, karena ada beberapa Cabang Olahraga di bawah Komite Olahraga Nasional Indonesi (KONI) Provinsi Papua sampai saat ini Pengurusnya masih belum diganti dan masih pengurus lama.

Padahal secara aturan orgnaisasi jatuh tempo masa jabatan sebagai Ketua Umum dalam Surat Keputusan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Papua sudah berkedaluarsa atau berkahir namun orangnya masih belum diganti sampai saat ini.

Ketiga, atas nama Masyarakat Peduli PON 2020 Papua memohon kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua untuk melantik Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung ( PODSI) Provinsi Papua dalam waktu dekat ini demi meraih prestasi dalam persipan sampai hasil pelaksaan PON 2020 mendatang nanti.

“Keempat, Orang yang ditunjuk atau dipercayakan sebagai Ketua Umum Olahraga Dayung Provinsi Papua harus mampu memberikan kontribusih dan mampu mengorganisir kepada Pelatih, Atlit dan Seluruh Pengurusnya agar Prestasi Atlitnya benar – benar tercapai karena Olahraga Dayung adalah Olaraga Terukur selain cabang Olahraga yang lain, yang selama ini kami melihat semata – mata melenceng dari jabatan atau kedudukannya sebagai ketua Umum,” jelas dia.

Pernyataan yang disampaikan kepada gubernur Papua, Astir berharap bisa menjati pertimbangan dan masukan kepada Gubernur Papua demi suksesnya pelaksanaan PON 2020 sehingga menjadi kebanggan tersendiri oleh seluruh masyarakat Papua apabila semua terwujud. [yat/loy]