Mathius Awoitauw Dinilai Sosok Sederhana dan Teladan

1164

Caption Foto : Drs. Yerry F. Dien, M.Si (Yanpiet/PapuaSatu.com)

SENTANI, PapuaSatu.com – Walaupun sudah mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Jayapura pada tanggal 6 Oktober 2017, Mathius Awoitauw dinilai sebagai sosok pemimpin yang sederhana dan teladan.

Kepemimpinan Mathius Awoitauw yang sudah  melaksanakan tugasnya selama lima tahun itu, masyarakat kabupaten Jayapura masih membutuhkan pemimpin yang bisa dekat dengan rakyat.

Sekda Yerry F. Dien, M.Si yang kini ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura berdasarkan radiogram dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI mengakui, bahwa dirinya selaku perangkat atau aparat bawahan melihat bahwa figur sosok Mathius Awoitauw patut dicontohkan.

Bahkan, menurutnya, dengan keteladanannya sebagai orang tua yang memberikan kepercayaan penuh kepada bawahannya (pimpinan OPD) dan juga sosoknya yang sangat cerdas.

Caption Foto : Mantan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw bersama istri saat menghadiri Sidang Jemaat di Elim, Kampung Merem distrik Kemtuk Gresik, kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu. (Yanpiet/PapuaSatu.com)

“ beliau (Bupati) memimpin Bumi Khenambay Umbay merupakan sosok pemimpin yang inovatif, kreatif, teladan serta memberikan kepercayaan penuh terhadap perangkatnya,” tukasnya.
Bukan hanya itu, figur bapak Mathius sebagai pemimpin yang sederhana ini sangat peduli terhadap keaslian yang ada di masyarakat dengan mengangkat kebangkitan masyarakat adat, mengangkat jati diri, kearifan lokal dan melakukan pemberdayaan-pemberdayaan serta perlindungan maupun keberpihakan terhadap masyarakat, jelasnya.

“ beliau fokus dengan potensi-potensi sumber daya manusia (SDM) yang digerakkan untuk mendukung berbagai program pemerintah daerah seperti Kabupaten Jayapura menuju Kabupaten Layak Anak yang dimulai dari Kampung Ramah Anak dan juga selalu membuat regulasi yang memproteksi terkait Cagar Alam Cycklop serta perlindungan terhadap pencemaran di Danau Sentani, jelasnya diahir wawancara. (piet/nius)