Mathius Akhiri Masa Jabatan, Sekda Yerry Ditunjuk Plh Bupati Jayapura

224

SENTANI, PapuaSatu.com– Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, S.IP, MH, menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, untuk menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura, menyusul telah berakhirnya jabatan Mathius Awoitauw, SE, M.Si, sebagai Bupati Jayapura, pada Jum’at (6/10/2017) .

Penunjukkan ini berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Papua tanggal 5 Oktober 2017 bernomor T.131/11569/SET tentang penunjukan Sekda Kabupaten Jayapura sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura dan juga menindaklanjuti Radiogram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI bernomor T-131.91/7940/OTDA tanggal 4 Oktober 2017 tentang penunjukan Sekda Kabupaten Jayapura sebagai Plh Bupati Jayapura.

“Jabatan sekda sebagai Plh Bupati Jayapura berdasarkan radiogram dari Mendagri yang ditujukan langsung kepada Sekda melalui Gubernur dan Gubernur sudah menyampaikan akan meneruskan keputusan itu ke Pemda sini,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan usai Rapat Paripurna AMJ Bupati Jayapura, Jumat (6/10/2017)di Kantor DPRD Kabupaten Jayapura.

Penunjukan Pelaksana Harian (Plh) bertujuan untuk menempati posisi yang kosong dengan berakhirnya tugas Bupati Mathius pada tanggal 6 Oktober 2017 (kemarin).

“Dengan demikian, mulai hari pak Sekda resmi melaksanakan tugas-tugas harian sebagai Bupati Jayapura hingga ada pelantikan Bupati Jayapura yang baru (terpilih),” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, ketika dikonfirmasi wartawan di VIP Room Kantor Bupati Jayapura membenarkan penunjukan dirinya sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Jayapura berdasarkan adanya radiogram mengenai Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi Papua.

“Ya, benar adanya radiogram Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor T-131.91/7940/OTDA tanggal 4 Oktober 2017 tentang penunjukan Sekda Kabupaten Jayapura sebagai Plh Bupati Jayapura, sehingga Gubernur Provinsi Papua mengeluarkan keputusan pada tanggal 5 Oktober 2017 nomor T.131/11569/SET terkait berakhirnya masa jabatan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw pada 6 Oktober 2017, menunjuk Sekda sebagai Plh Bupati,” imbuhnya.

Selain itu, Sekda Yerry menyatakan, dirinya siap dengan amanah yang diberikan. “Saya akan melaksanakan tugas yang diberikan dengan sebaik mungkin,” ujarnya. (piet/nius)