Fakultas MIPA Uncen Gelar Kompetisi Matematika Statistika dan Komputer

0
173
Kompetisi Matematika Statistika dan Komputer 2019

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Guna meningkatkan SDM  bidang  Matematika Statistika dan Komputer, Fakultas MIPA Uncen menggelar Kompetisi Matematika Statistika dan Komputer 2019, di Kampus Uncen  dan Balai Diklat Sosial Tanah Hitam, yang diikuti 144 peserta.

Andi Nursyarif, selaku ketua panitia kompetisi matematika statistika dan komputer mengatakan, kompetisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia yang berinteraksi dalam pengembangan desain, dan meningkatkan minat para siswa-siswi dalam mempelajari ilmu matematika statistika dan computer.

Ada empat kategori kompetisi yang digelar, yakni individu matematika, individu statistika, individu komputer dan regu.

Kegiatan yang mampu membangun SDM pelajar dan mahasiswa di Papua ini melibatkan 144 peserta terdiri dari 21 Regu 44 individu matematika, 14 individu statistika, dan 23 Individu komputer.

Kegiatan kompetisi tersebut didukung oleh banyak pihak, terutama Pemerintah Kota Jayapura, Pemerintah Kabupaten Keerom, CV. Indonesia Copy Raya Centre, dan RRI Jayapura.

Sementara itu, Ketua Jurusan Matematika, Ida Maryati Hutabarat, menanggapi positif atas kegiatan mahasiswa tersebut.

“Kompetisi ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2003, dimana sesudah kami menerima mahasiswa pertama di Jurusan Matematika itu di tahun 2000 dan mulai mengadakan kompetisi di tahun 2003,” jelasnya saat ditemui PapuaSatu.com di ruang kerjanya (14/11/2019).

Diceritakan, kompetisi matematika menjadi agenda tahunan sejak dibuka Program Studi Sistem Informatika Tahun 2012.

Awalnya mahasiswa membuat suatu kompetisi yang diberi nama KOMATKOM (Kompetisi Matematika Komputer).

Tahun 2017 dimulai dengan mengembangkan Program Studi Statistika, sehingga kompetisi berubah menjadi Kompetisi Matematika Statistika dan Komputer.

Ia berharap, kompetisi tersebut semakin banyak diikuti oleh SMA-SMA yang ada di kabupaten/kota yang ada di Papua.

Selama beberapa tahun ini pelaksanaannya hanya dari kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Pesan saya untuk sekolah-sekolah bisa memotivasi siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh kampus untuk mengembangkan diri siswa-siswi.[miki]