Akhir Oktober 2022 Pemuda Katolik Komda Papua Siap Hadirkan Ketua Umum Pusat

32

JAYAPURA,  PapuaSatu.com – Panitia pelantikan pengurus Pemuda Katolik Komisaris Daerah (Komda) Provinsi Papua siap menghadirkan Ketua umum Pusat  Pemuda Katolik dan Bapak Sekjen, sekaligus melantik beberapa pengurus komisaris cabang (Komca) di wilayah Papua yang belum sempati dilantik pada akhir Oktober 2022.

Hal itu disampaikan oleh ketua panitia Yops Itlay pada saat jumpah pers di sekretariat Pemuda Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Kamkey Abepura Jayapura Jumat (30/09/2022).

“Pelantikan pengurus Pemuda Katolik Provinsi Papua tahun periode 2022-2025 ini sedikit berbeda karena pada saat pelantikan tersebut akan dihadiri langsung oleh ketua Pemuda Katolik Pusat bersama Pak Sekjen. Maka kami seluruh panitia yang dibentuk kemarin, mulai hari ini sampai 1 bulan ke depan melakukan persiapa-persiapan dengan beberapa agenda,” Ujar Yops.

Menurutnya pemuda Katolik itu mempunyai visi dan misi tertentu untuk mewujudkan harapan umat Katolik agar dapat melihat berbagai macam isu yang tumbuh di kalandan umat. Khususnya di Papua.

“Menyongsong hari H pelantikan pengurus Pemuda Katolik Komda Provinsi Papua pada 29 Oktober 2022 mendatang, nanti akan ada  kegiatan studi meetin dan dalam studi Meeting itu, kami akan lebih fokus pada diskusi terkait beberapa isu  yang menjadi urgensi di Papua. Kemudian untuk menindaklajuti hasil diskusi tersebut kami akan merekomendasikan kepada pengurus Pusat yang berkesempatan hadir pada pelantikan badan pengurus bak itu Komda maupun Komca.

Pria asal Hubula yang merupakan mantan ketua Bem Uncen itu berharap agar pemerintah daerah dan kaum awam Katolik di Papua turut memberikan dukungan untuk mensukseskan kegiatan.

“Jadi Kami panitia pelantikan berharap semoga acara pelantikan ini berjalan dengan baik, oleh karena itu kami akan kembali lagi diskusikan terkait dengan tema yang akan kami bawakan dalam pelantikan sesuai visi misi pengurus baru. Dan kami juga akan menyikapi isu-isu hangat yang terjadi di Papua.

Disisi lain pemerintah daerah juga diharapkan turut mendukung kami dalam penyelenggaraan acara pelantikan hingga pelaksanaan program-program pengurus Pemuda Katolik Provinsi Papua yang baru terpilih pada beberapa Minggu yang lalu,” Harapnya.

Sementara itu Ketua umum Pemuda Katolik Komda Provinsi Papua Melianus Asso menegaskan melakukan komitmen bersama anggota untuk membenahi internal organisasi dan sepakat akan mendukung penuh berbagai macam persiapan panitia pelantikan.

“Kami pengurus pada intinya sudah sepakat untuk mendukung penuh pelaksanaan kegiatan pelantikan dengan sukses sampai selesai. Dan setelah pelantikan, tentunya kami akan mendalami kembali untuk membenahi struktur organisasi kemudian kami akan terus membangun komunikasi dengan seluruh pengurus Komca yang ada di Papua,”Tegas Melianus Asso dalam jumpah pers.

Pihaknya sebagai ketua umum akan terus membangun kosmunikasi guna mempersatukan tujuan dalam pelaksanaan program organisasi baik itu Komda maupun Komca di Wilayah Papua.

“Selama ini kan ada bebepa daerah yang belum dilantik pemngurus pemuda katolik karena komunikasi dan medan yang sulit. Oleh karena itu kami harap setelah kami dilantik, bisa kembali hadir di tengah umat untuk menjalankan misi Gereja secara bersama-sama.

Kami tetap akan menjalankan amanah gereja karena pemuda katolik itu sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Jadi kami akan menjalankan tugas tanpa melihat perbedaan suku, ras, agama, dan lain sebagainya,”Jelasnya.[miki]