Buntut Penyerangan Polisi Di BTN Kolam Doyo, 13 Orang Ditetapkan Tersangka

227

SENTANI, PapuaSatu.com – Dari 31 orang yang sempat diamankan, Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura menetapkan 13 orang sebagai tersangka dalam kasus penyerangan terhadap anggota Polres Jayapura.

Hal ini dibenarkan Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH saat diwawancarai, Jumat, (01/03) pagi.

Ia mengatakan dari hasil pemeriksaan 13 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti melakukan penyerangan dan melawan aparat saat pesta ulang tahun yang hendak dibubarkan anggotanya.

“Dari ke 31 orang yang kami tahan sebelumnya, 13 orang telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah kami tahan di Rutan Mapolres Jayapura, untuk sisanya 18 orang kami pulangkan namun wajib lapor,” ujar Kapolres.

Kasus penyerangan tersebut terjadi di BTN Kolam Doyo Baru pada hari rabu, tanggal 28 Februari 2024 sekitar pukul 04.00 dini hari, saat itu anggota Polres Jayapura yang menerima laporan dari warga kemudian mendatangi tempat acara berlangsung namun terjadi perlawanan dan penyerangan sehingga melukai 7 anggota Polres Jayapura.

“Adapun 13 orang tersangka dengan 3 laporan Polisi diantaranya berinisial JM, KJ, MW, PI, YA, AS, HD, YY, SS, YW, KA, JK, VM sedangkan untuk penyelenggara acara ulang tahun yang merupakan suami istri berinisial YN (36) dan YS (43) dikenakan pasal Tipiring 503 ayat (1) KUHPidana junto pasal 510 ayat 1 ke 1 dengan ancaman hukuman 14 hari kurungan dan denda Rp. 225.000,- yang rencananya siang ini akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jayapura,” urainya.

Untuk 13 tersangka, kata Kapolres, dijerat dengan Pasal 212 KUHP Jo pasal 214 Ayat 1 dan 2 ke 1e KUHP dengan ancaman hukuman dari 1 tahun 4 bulan hingga maksimal 8 tahun 4 bulan penjara.[yat]