Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura Tingkatkan SDM Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif

182
Pelatihan pengelola destinasi wisata di Kabupaten Jayapura
Pelatihan pengelola destinasi wisata di Kabupaten Jayapura

SENTANI, PapuaSatu.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura menggelar pelatihan untuk para pengelola destinasi wisata di Kabupaten Jayapura.

Pelatihan yang akan berlangsung tiga hari (12-14 Juni 2024) dibuka Pj. Bupati Jayapura yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura, Ted Y. Mokay di salah satu hotel di Kota Sentani, yang dihadiri sekitar 40 peserta.

Ted Mokay mengungkapkan bahwa melalui pelatihan tersebut, para pengelola destinasi wisata bisa lebih profesional dalam melayani wisatawan yang datang.

“Sehingga para wisatawan yang datang bisa merasa nyaman dan aman,” ungkapnya kepada wartawan.

Dikatakan, selain fasilitas yang dibangun pemerintah, para pengelolan destinasi wisata juga bisa membangun fasilitas penunjang bagi wisatawan menggunakan sumber daya yang ada.

Karena, pemanfaatan fasilitas berupa toilet, pondok, dan lain-lain bisa menghasilkan uang dari wisatawan yang datang.

Pelatihan tersebut, juga untuk mempersiapkan para pengelola destinasi wisata untuk dapat berperan pada gelaran Festival Danau Sentani (FDS) yang akan dibuka pada 19 Juni 2024 nanti.

Sementara itu, Kabid Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura, Klinton Suebu mengungkapkan, pelatihan tersebut lebih difokuskan untuk optimalisasi destinasi wisata dalam kerangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

“Lebih fokus lagi untuk PAD Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

Dikatakan, selama ini pendapatan dari pengelolaan destinasi wisata yang didalamnya terdapat juga fasilitas yang dibangun pemerintah, namun pada umumnya tidak ada yang disetorkan ke pemerintah.

Oleh karena itu, melalui pelatihan tersebut dapat dikomunikasikan terkait pengelolaan destinasi wisata yang bisa menyumbangkan PAD.[yat]