Gunakan KM Dobonsolo, Duta Adat Untuk KMAN VI Asal Maluku Tiba Di Jayapura

34
Penyambutan raja-raja asal Maluku oleh panitia KMAN VI di Pelabuhan Jayapura, Minggu (16/10/22) (foto : satumaukuID)
Penyambutan raja-raja asal Maluku oleh panitia KMAN VI di Pelabuhan Jayapura, Minggu (16/10/22) (foto : satumaukuID)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Rombongan masyarakat adat asal Maluku yang akan mengikuti Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI di Jayapura merupakan duta adat yang pertama datang menggunakan KM Dobonsolo yang sandar di Pelabuhan Jayapura, Minggu (16/10/22).

Disambut tari-tarian khas Papua, duta adat yang merupakan raja-raja Maluku dipimpin oleh Latuwael Salakury berjumlah 85 orang.

Kedatangan rombongan Masyarakat Adat Maluku pun disambut oleh Wakil Ketua Panitia KMAN VI, Benhur Wally dengan pemasangan mahkota kepada ketua rombongan.

Menggunakan tiga unit bus milik Pemerintah Provinsi Papua, rombongan selanjutnya diarahkan ke tempat penampungan sementara di Kafe Humboldt Entrop, Kotamadya Jayapura, sambil menunggu penempatan di tempat yang disediakan panitia KMAN VI.

Latuwael menyatakan rasa harunya dengan penyambutan tersebut yang mampu menghilangkan rasa lelah setelah empat hari berada di KM Dobonsolo dari Pelabuhan Ambon.

“Penyambutannya luar biasa. Kami senang,” kata Latuwael setibanya di Pelabuhan Jayapura.

Dikatakan, bahwa peserta KMAN VI dari Ambon masih ada 5 orang yang akan menyusul menggunakan armada pesawat udara dengan alasan kondisi fisik.

Dalam kesempatan tersebut, Benhur Wally menyatakan rasa senangnya karena para peserta KMAN VI sudah mulai datang ke Papua.

“Selamat datang di Tanah Tabi, ” ujar Benhur saat menyambut kedatangan saudara-saudara dari Maluku.

Dikatakan, para peserta menginap sementara di Kafe Humbold sambil menunggu penempatan di tempat-tempat penginapan yang ada di kampung-kampung di Wilayah Adat Tabi pada 22 Oktober 2022.

Sebagaimana diungkapkan Ketua Ikatan Keluarga Maluku Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu mengungkapkan bahwa untuk sementara menjadi tanggung jawab Ikemal dalam hal akomodasi dan konsumsinya.[yat]