Kadinkes Papua Tidak Boleh ‘Asal Bapak Senang Mama Senang’ Terhadap Pemberian Nama RS di Tolikara

0
639
Orwan Tolly Wonne
Orwan Tolly Wonne

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Legislator Papua asal kabupaten Tolikara, Orgenes Wanimbo membantah keras pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giay atas pergantian nama Rumah Sakit, Karubaga-Tolikara, menjadi Rs. Dr (alm) Soeko Marsetiyo.

“Jangan main vonis bahwa dokter ini dan dokter itu,  dan hebat dan lain-lain. Itu pernyataan secara pribadiJangan membuat nama rumah sakit asal bapak senang mama senang,” tegas Orgenes Wanimbo kepada PapuaSatu.com.

Pergantian atau pemberian Rumah Sakit Karubaga-Tolikara harus dibuat pernyataan tertulis dan ditujukan kepada Pemerintah Daerah setempat yang mempunyai kewenangan penuh bukan mengumbar-umbar di media.

“Kita orang Provinsi tidak boleh mengganggu apa yang sudah diupayakan oleh Pemerintah kabupaten/kota. Ada mekanisme dan DPR yang mengesahkan nama itu,” tukas Orwan Tolly Wonne panggilan akarabnya ini.

Politisi partai demokrat yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR Papua ini menegaskan, pernyataan kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua terlalu menggurui Pemerintah Daerah Kabupaten Tolikara dibawah pimpinan Usman G Wanimbo.

“Harus menghargai Pemerintah daerah di sana. Memang dokter itu terbukti melakukan pelayanan di Toli tetapi jiwa dan hati ada di kabupaten Tolikara bukan di Jogja sana. Tidak boleh mencari nama di sana. Silahkan surati Bupati untuk bisa dibahas di DPR bukan di media,” ucapnya.

Orwan menyarankan kepada kepala Dinas Kesehatan untuk lebih fokus melihat kondisi pelayanan di semua Dinas Kesehatan di kabupaten/Kota se Provinsi Papua dan berbagai rumah sakit di tanah Papua.

“Jangan sibuk urus menggantikan nama rumah sakit di sana. Jangan jual muka, di sana ada kepala suku, ada pemerintah dan ada DPRD mereka yang mempunya kewenangan itu. Kalau mau usulkan silahkan sampaikan secara tertulis supaya dibahas di DPRD. Sah tidaknya itu bukan urusan kepala Dinas lagi,”  tegas Orwan  [cr21/loy]