KMAN VI Jadi Energi Baru Bagi Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura

15
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si (tengah) bersama pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si (tengah) bersama pengurus Aliansi Masyarakat Adat Nusantara

SENTANI, PapuaSatu.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE. MSi., yang juga sebagai Ketua Panitia Umum KMAN VI mengungkapkan bahwa terselenggaranya KMAN VI di Tanah Tabi Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura menjadi semangat baru bagi masyarakat adat dalam mengahadapi tantangan – tantangan yang terjadi di wilayah adat masing-masing.

“KMAN VI ini menjadi semangat baru bagi Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura, yang mana mereka telah bangkit 9 tahun belakangan ini,” ungkap Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw dalam jumpa pers di ruang press confrence, Minggu 30 Oktober 2022.

Banyak hal – hal yang dapat diperoleh dari pelaksanaan KMAN VI ini untuk Masyarakat Adat khususnya di Kabupaten Jayapura, yang mana sangat sejalan dengan hak – hak dan ruang kelola Masyarakat Adat sebagaimana mestinya.

“Jadi ini akan memberikan semangat baru, spirit baru dan energi baru bagi Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura” ucap Mathius Awoitauw, Bupati Jayapura dua periode itu.

KMAN VI ini sejalan dengan apa yang dilakukan di Kabupaten Jayapura selama ini seperti, Pembentukan Kampung Adat, Pemetaan Wilayah Adat, Kebangkitan Masyarakat Adat sehingga harus terus dilakukan lebih giat lagi sehingga menjadi percontohan bagi daerah lain.[yat/kman vi]