Peserta KMAN VI Datang Lebih Awal, Panitia Berharap Paguyuban Turut Bertanggungjawab

42
Mathius Awoitauw,SE,M.Si

SENTANI, PapuaSatu.com – Sebagian peserta Oongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI mulai berdatangan.

Seperti peserta dari Provinsi Maluku yang harus datang lebih awal, yakni Hari Minggu (16/10/22), karena menyesuaikan jadwal kapal laut yang ada.

Sementara, pihak panitia baru akan menyediakan fasilitas akomodasi dan lain-lain untuk penyambutan peserta mulai tanggal 20 Oktober 2022.

“Panitia sedang urus bersama paguyuban yang ada di sini,” ungkap Mathius Awoitauw,SE,M.Si selaku Ketua Umum Panitia KMAN Ke-VI saat ditemui wartawan di Sentani, Sabtu (15/10/22).

Pihaknya pun berharap kepada organisasi paguyuban asal daerah bersangkutan untuk turut bertanggungjawab dalam menyediakan fasilitas akomodasi sementara waktu sambil menunggu jadwal penyambutan oleh panitia.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal), Herald J. Berhitu mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan akomodasi dan transportasi serta keperluan peserta KMAN VI asal Maluku yang datang lebih dulu.

Ketua Ikatan Kekeluargaan Maluku (Ikemal), Herald J. Berhitu saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

Dikatakan, total peserta yang akan datang dari Maluku ada 63 orang, 58 orang menggunakan armada KM Dobonsolo dan 5 orang menyusul menggunakan pesawat udara.

“Untuk penyambutan kita sudah koordinasi dengan Dinas Perhuhungan saya minta lima bus,” ungkapnya saat ditemui PapuaSatu.com di Sentani, Sabtu (15/10/22).

Dikatakan, pihaknya telah menyiapkan penyambutan di Kafe Humbold Entrop, Kota Jayapura.

Dekikian juga akomodasi dan konsumsinya, untuk sementara ditanggung Ikemal.

“Kita tahu kan kesulitan keuangan di Panitia, jadi kita turut berpartisipasi untuk mensukseskan KMAN VI ini,” ujarnya.[yat]