Plt. Bupati Serahkan Kartu JKN-KIS dengan Cakupan 96% Warga Mimika Tercover JKN-KIS

MIMIKA, PapuaSatu.com – Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC) terwujud.

Hal itu dengan telah tercapainya jumlah kepersertaan JKN-KIS mencapai 96% dari jumlah penduduk 312.255 jiwa.

Capaian tersebut dinyatakan dengan penyerahan secara simbolis Kartu JKN kepada masyarakat sebagai peserta JKN diserahkan oleh Plt. Bupati Mimika yang dihadiri langsung Deputi direksi wilayah Papua dan papua barat, Budi Setiawan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah, Asisten Deputi Bidang Perencanaan dan keuangan, Wahyu Amru dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 26 tahun Kabupaten Mimika, di Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (10/10).

Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob, menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika terus berusaha agar seluruh masyarakat Mimika memiliki jaminan kesehatan baik yang ditanggung oleh pemerintah melalui APBN, APBD maupun oleh mitra- mitra kerja lainnya.

“Kemarin (07/10,2022) kami menghadiri penandatanganan kerjasama, dimana kurang lebih 30.000 jiwa masyarakat asli Papua 7 suku di Kabupaten Mimika yang dibantu oleh PT. Freeport Indonesia dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) melalui Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP) untuk menjadi peserta JKN-KIS,” ujar Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob, dalam sambutannya.

Oleh karena itu, kepesertaan JKN-KIS Kabupaten Mimika yang sudah mencapai 96% akan terus diperjuangkan agar mencapai 100%.

Hal ini dilakukan, agar seluruh penduduk di Kabupaten Mimika memiliki jaminan kesehatan

Sementara itu, Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat BPJS Kesehatan, Budi Setiawan, menyampaikan bahwa Kabupaten Mimika telah mewujudkan UHC dari berbagai segmen kepesertaan JKN-KIS.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika yang telah mendaftarkan masyarakatnya ke dalam Program JKN-KIS, sehingga tujuan untuk melindungi masyarakat dengan menjamin kesehatannya dapat terpenuhi,” harap Budi yang hadir mendampingi Plt. Bupati dalam penyerahan simbolis Kartu JKN.

Pihaknya berharap agar kedepannya Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika semakin bersinergi dan berkolaborasi sehingga dapat tercapai 100% penduduk Kabupaten Mimika terjamin Program JKN-KIS.[yat]