SAR Jayapura Siagakan Kapal Cepat Kawal Mobillitas Peserta Sarasehan KMAN VI

Tim SAR Jayapura yang disiagakan untuk pengamanan di area Danau Sentani selama pelaksanaan KMAN VI 2022
Tim SAR Jayapura yang disiagakan untuk pengamanan di area Danau Sentani selama pelaksanaan KMAN VI 2022

SENTANI, PapuaSatu.com –¬† Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura menyiagakan satu kapal cepat untuk mengawal mobilitas peserta sarasehan pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke Enam (KMAN-VI) di enam kampung sekitar Danau Sentani.

Selain perahu cepat, dua perahu karet juga disiapkan untuk membackup pendistribusian paserta sarasehan ke setiap kampung penyelenggara.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura, Marinus Benediktus Ohoirat mengatakan, untuk mendukung kelancaran sarasehan ada sejumlah personil juga disiagakan sesuai shift untuk mengantisipasi jika ada insiden selama penyelenggaraan.

“Kita sudah menyiapkan itu semua dengan personil yang siaga di perahu cepat dan lainnya di darat untuk menyiapkan hal-hal lain untuk mengantisipasi jika ada insiden,” ungkapnya di sela-sela memantau mobilitas peserta di Dermaga Yahim, Rabu (26/10/2022).

SAR Jayapura yang tergabung dalam panitia lokal bidang transportasi KMAN VI dikhususkan untuk melakukan pengamanan selama proses antar jemput peserta dari empat dermaga dengan tujuan enam kampung.

“Kami mengawal pengantaran peserta dengan jumlah banyak atau melebihi kapasitas, seperti saat ini kapal cepat kami sedang mengawal salah satu perahu yang mengangkut peserta dengan tujuan ke kampung Homfolo dan Hobong, jadi itu tugas utama kami,” ujarnya.

Disebutkan, selama pelaksanaan sarasehan jumlah personil yang terlibat sebanyak 42 orang yang tersebar di empat titik dermaga yakni  Yahim, Khalkote, Jeku dan Patou selama penyelenggaraan sarasehan.

“Kami juga menghimbau kepada pemilik perahu bermotor yang mengangkut penumpang agar tidak melebihi kapasitas dan penumpang wajib mengenakan live jacket karena keselamatan itu bukan kebetulan tetapi keselamatan itu harus direncanakan,” tandasnya.[yat/mc kman vi)