Wakil Bupati Yalimo Terlibat Kecelakaan Maut, Tabrak Polwan Hingga Meninggal Dunia

0
324
Mobil Yoyota Hilux yang bertabrakan dengan Yamaha Nmax di Jalan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan, Rabu (16/9/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Mobil Toyota Hilux, yang dikendarai Wakil Bupati Yalimo, Erdi Dabi (ED) yang diduga dalam keadaan mabuk akibat konsumsi Minuman Keras (Miras), menabrak Anggota Polwan Sat Bid Propam Polda Papua, Bripka Christin Meisye Batfeny (36) hingga meninggal dunia, Rabu (16/9) pagi sekitar pukul 07.30 WIT.

Kecelakaan terjadi di Jalan Ardipura, tepatnya ditikungan dekat Bengkel Alfian Polimak I, Distrik Jayapura Selatan.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd ketika dikonfirmasi awak media, membenarkan kecelakaan tersebut yang mengakibatkan anggota Polri meninggal dunia.

“Kasus kecelakaan ini dalam penanganan unit lalulintas Polresta Jayapura Kota dan pelaku ED dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik satuan lalulintas,” ujarnya.

Lanjut Kapolresta, sejauh ini dua orang saksi telah di mintai keterangan sedangkan penumpang mobil yang bersama ED nantinya juga akan dimintai keterangan.

Tentang kronologisnya, AKBP Gustav menjelaskan, kecelakaan bermula ketika Erdi Dabi mengendarai mobil Toyota Hilux dengan kecepatan tinggi dari arah Jayapura tujuan Entrop, setibanya di TKP, mobil tersebut hilang kendali dan masuk jalur kanan.

Pada saat bersamaan, Bripka Christin dating dari arah berlawan menggunakan sepeda motor Yahama N-Max, sehingga kecelakaan tak terhindarkan yang mengakibatkan korban Christin terpental sekitar 10 meter dan luka-luka di kepala bagian belakang dan kakinya patah, sehingga menggal dunia di TKP.

“Akibat kecelakaan itu Bripka Christin mengalami benturan keras pada bagian leher belakang, lutut kaki kanan robek dan patah yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” terang Kapolresta.

Mantan Kapolres Jayapura Kota ini pun menambahkan, bahwa dari hasil olah TKP, kecelakaan itu terjadi akibat kurang hati-hatinya pengendara mobil Hilux saat mengendarai kendaraannya yang diduga dalam pengaruh minuman keras.

Disinggung apakah ED adalah Wakil Bupati Yalimo, kata Kapolresta sesuai identitas di KTP status pekerjaan adalah Wakil Bupati Yalimo.

“Untuk kondisi jabatan politik lain atau terkait pencalonan, saya tidak bisa berkomentar dan itu lebih tau dari penyelenggara pemilu yang berada di kabupaten tersebut maupun Provinsi Papua yang selaku perserta atau tidak. Polresta Jayapura Kota hanya menangani kasus kecelakaan tersebut,” pungkasnya.

Erdi Dabi oleh penyidik Polresta Jayapura Kota langsung ditahan di Rutan Mapolresta Jayapura untuk proses hukumnya.

Erdi Dabi diketahui maju dalam Pilkada serentak Tahun 2020 sebagai bakal calon bupati Yalimo berpasangan dengan Jhon W. Will. Yang sedang berada di Kota Jayapura untuk keperluan pemeriksaan bebas Narkoba yang telah dilewati pecan lalu dan pemeriksaan kesehatan.[yat]