Komisi IV Temukan Terminal Tipe B Sentani Dijadikan Penggembalaan Sapi

0
378

Jayapura, PapuaSatu.com –  Anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau memperihatinkan lokasi lokasi pembangunan Terminal B Sentani kabupaten Jayapura-Papua kini telah dijadikan tempat penggembalaan sejumlah ternak Sapi.

Kondisi ini, Thomas mendesak Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perhubungan Provinsi Papua untuk segera menyelesaikan pembangunan terminal penumpang tipe B di Sentani, Kabupaten Jayapura tersebut.

“Bangunan ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 tapi masih belum selesai, baik itu perkantoran maupun atap terminalnya. Jadinya, kumuh bahkan dijadikan sebaga penggembalaan belas ternak sapi  milik warga,”  ujar Thomas, Minggu (30/7/2017) kemarin.

Menurutnya, anggaran untuk pembangunan Terminal Type B  Sentani tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua, yang dibangun melalui Dinas Perhubungan Provinsi Papua dengan nilai anggaran sebesar Rp 49 milyar.

Politisi Partai Demokrat ini meminta jika dana APBD untuk tahun 2017 dikucurkan maka diharapkan bisa selesai dan bisa resmikan oleh gubernur Papua Lukas Enembe sebelum masa kepemimpinannya berakhir.

Thomas menjelaskan, selain terminal tipe B Sentani juga berharap pembangunan Terminal Type lainnya seperti terminal tipe B Kota Jayapura, Merauke dan Nabire serta Wamena bisa selesai secara bersamaan di tahun 2017. “Kami harap agar terminal bisa difungsikan sehingga  bisa mendukung pelaksanaan PON XX pada tahun 2020 mendatang,”   harapnya. (Nius)