Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Pendidikan Politik

492

Caption Foto : Terlihat suasana Kegiatan Direktorat Ormas Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Pendidikan Politik di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/3/2018) pagi. (Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com)

SENTANI, PapuaSatu.com – Direktorat Organisasi Kemasyarakatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar pendidikan politik.

Kegiatan yang berlangsung di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/3/2018) pagi itu dihadiri Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum Kemendagri La Ode Achmad dan Plt Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Rustan Mida, Komisioner KPU, pengurus Parpol, Toma, Toga, ormas/lembaga, perempuan dan pemuda.

Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Polpum Kemendagri, La Ode Achmad mengatakan, pendidikan politik yang dilakukan untuk membuka sarana dialog politik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, partai politik, ormas dan masyarakat di Provinsi Papua khususnya di Kabupaten Jayapura.

Apalagi, di tahun 2018 ini akan mengawali agenda demokrasi Pemilukada serentak tahun 2018, Pileg serta pemilihan Presiden pada tahun 2019 mendatang. “Ini penting dilakukan untuk kesiapan masyarakat di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura dalam menyongsong agenda pemilu serentak tahun 2019 dan pemilukada serentak tahun 2018,” kata La Ode.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut ada pemahaman dari peserta khususnya organisasi kemasyarakatan, yang memahami tentang regulasi tentang kepemiluan dan regulasi tentang keormasan.

“Tujuan agar para peserta yang ikut pendidikan politik maka bisa menyalurkan pemahamannya kepada segenap masyarakat di wilayahnya atau di dalam organisasinya masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro, mengatakan pendidikan politik bagi Ormas dapat menumbuhkan kesadaran hak-hak politik dan kewajiban sebagai warga negara untuk menggunakan hak pilihnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Disamping itu, para peserta bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta memberikan manfaat bagi masyarakat dalam menggunakan hak-hak politiknya, terutama bagi masyarakat yang masih belum mengetahui tentang politik dan memberikan hak demokrasinya.

“Sangat penting dilakukan kegiatan ini agar mereka dapat berpolitik secara santun dan cerdas sesuai dengan budaya kita Indonesia guna menyongsong agenda demokrasi Pilkada Serentak Tahun 2018 dan juga Pemilu Serentak Tahun 2019,” paparnya.

Sebagai pembicara antara lain Rustan Mida, S.Sos, M.KP (Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura) dan Brigjen Abdul Haris Napoleon (Kepala BIN Daerah Provinsi Papua). [tyi/loy]