Dispendukcapil Tengerang Selatan Adopsi ADM Dispendukcapil Kota Jayapura

1228

Caption Foto : Tim Dispendukcapil Tengerang  Selatan  saat  meninjau pelayanan di Dispendukcapil  Kota Jayapura, Selasa (17 /04/2018). (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Untuk memaksimalkan Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil ) Tangerang Selatan, Provinsi Banten melakukan studi banding ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan silpil Kota Jayapura, Selasa (17 /04/2018).

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dukcapil Tangerang  Selatan, Heru Sudarmanto menyampaikan kedatangan Dispendukcapil Tangerang untuk meningkatkan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura.

Salah satu yang menjadi perhatian dan acuan bagi Dispendukcapil Tangerang selatan adalah Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Dimana ADM merupakan salah satu program  Inovasi andalan yang dimiliki disducapil Kota Jayapura.

“Kita lihat di beberapa media social bahwa inovasi yang sudah dilakukan disdukcapil Kota Jayapura antar lain ADM yang bisa menjadi salah satu acuan yang kita terapkan di Kota Tangerang  Selatan,” kata Heru.

Dikatakan, alasan memilih Kota Jayapura sebagai tempat Study Banding dikarenakan melihat Kota Jayapura berada di Provinsi Paling Timur Indonesia, bisa membuat sebuah inovasi yang juga menjadi kebanggana seluruh Dispendukcapil  dari seluruh Indonesia.

“Itu alasan kami hadiri disini. Yang jauh bisa lakukan inovasi, kenapa kita tidak tiru. Itu sudah menjadi acuan dari direktorat Jenderal  Dukcapil bahwa  apapun inovasi yang dilakukan suatu daerahmaka harus bisa mengadopsi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dengan baik,”akunya.

Dikatakan, layanan yang dilakukan oleh Dispendukcapil Tangerang  Selatan secara garis besar  sudah dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) namun diakui ada beberapa daerah yang telah melakukan inovasi dan mendapat  penghargaan seperti Kota Jayapura.

“Beberapa inovasi juga telah kita lakukan sebagai indicator ISO adalah tempat penitipan anak serta ruang menyusui. Kedapat kita akan kembangkan salah satu layanan untuk tempat santai untuk memberikan kenyamanan,”ujarnya.

Kunjungan  yang dilakukan Dispendukcapil Tangerang Selatan tak lepas dari hasil pelaporan inovasi pelayanan public yang disampaikannya Kepala Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura  Merlan Ulolli dalam Rapat Kerja Nasional

Study banding ini terkait dengan rakernas yang dilakukan beberapa pecan lalu, sehingga pihaknya diberikan kesempatan Dirjen untk menyampaikan materi inovai pelayanan public yang sudah dibuat Dipendukcapil Kota Jayapura.

“Itulah mereka datang. Mereka tertarik dan akan mengadopsi kami punya anjungan dukcapil mandiri,” kata Kepala Dinas Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli.

Lanjut Merlan, Selain ADM Dispendukcapil Kabupaten Tangerang  Selatan juga tertarik dengan pelayanan 3 in 1 milik Dispendukcapil Kota Jayapura   dimana dalam suatu dokumen  bisa langsung menerbitkan tiga dokumen sekaligus.

“ Ternyata apa yang kita lakukan itu, belum terpikirkan oleh mereka. Inovasi itu bukan hanya IT  dan pemotongan birokasi yang bisa membuat orang lain meniru karena tidak berbelit-belit,”ujarnya.[moza/loy]