DP3A-KB Kota Bangun Pemahaman Warga Soal Laju Pertumbuhan Penduduk

929
Caption : Kegiatan sosialisasi strategi dan kebijakan kependudukan di Kota Jayapura, yang berlangsung diaula Dinas Sosial Provinsi Papua, Selasa (23/10/2018).
Caption : Kegiatan sosialisasi strategi dan kebijakan kependudukan di Kota Jayapura, yang berlangsung diaula Dinas Sosial Provinsi Papua, Selasa (23/10/2018).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Membangun  pemahaman masyarakat tentang program kependudukan dan Keluarga Berencana (KB)  berkaitan dengan pertumbuhan penduduk, Dinas  Pemberdayaan Perempuan Perlindungan  Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura (DPPA-KB) Kota Jayapura  gelar, Sosialisasi strategi dan kebijakan kependudukan di Kota Jayapura, yang berlangsung diaula Dinas Sosial Provinsi Papua, Selasa (23/10/2018).

Wakil Walikota Jayapura Ir. Rustan Saru,  Dalam arahannya menyampaikan, sebuah perencanaan pembangunan harus memperhatikan dan mempertimbangkan data dan informasi kependudukan secara lengkap mulai dari jumlah, pertumbuhan, struktur umur,  penyebaran maupun kualitas penduduk dan pemerintah harus merumuskan kebijakan pengelolaan kependudukan agar tercapai kondisi kependudukan yang diharapkan atau “population-influencing policies”.

Dikatakan,  Kota Jayapura sebagai Ibukota Provinsi Papua, merupakan barometer pembangunan di segala bidang dengan perkembangan penduduk yang sangat pesat.  Untuk itu,  perlu dilakukannya sosialisasi strategis dan kebijakan kependudukan di kota Jayapura untuk membangun pemahaman masyarakat akan laju pertumbuhan penduduk.

” Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mewujudkan komitmen dan tanggung jawab bersama untuk mengatasi laju pertambahan penduduk di kota ini”kata Wakil Walikota.

Dirinya juga berharap agar peserta  sosialisai dapat memanfaatkan momentum ini dengan menyimak dan memahami apa yang akan disampaikan oleh narasumber dan  jadikan momen kegiatan ini sebagai sarana yang bertujuan menyatukan persepsi dan berkoordinasi terkait strategi dan kebijakan kependudukan yang berlaku di kota Jayapura.

Kepala Dinas  Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura (DPPA-KB) Kota Jayapura  Bety Piy  menyampaikan, Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang kebijakan kependudukan, memperluas jaringan kerja dalam mengatasi pertambahan penduduk melalui tertib administrasi termasuk program KB dan meningkatkan kualitas pelayanan KB di tingkat akar rumput serta adanya peraturan tentang Kota Jayapura wajib ber-KTP.

“pertumbuhan kita di kota jayapura sangat tinggi , ini menjadi tugas  yang perlu kita lakukan untuk membangun pemahaman masyarakat kita di jayapura tentang program kependudukan, KB dan program pembangunan keluarag. Ini mananat undang – undang untuk menekan laju pertumbuhan penduduk,”kata Bety.[moza]