Inovasi Terbaru, Walikota Jayapura Launching Aplikasi E-Waniambey

2725
Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano saat melaunching Aplikasi E-Waniambey
Caption : Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano saat melaunching Aplikasi E-Waniambey, pada Kamis (16/8/2018). Foto : Moza/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano kembali melaunching satu inovasi baru yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, dalam penerapan tertib Administrasi kepedudukan bagi warga kota jayapura yang menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) luar Jayapura

Inovasi terbaru di Kota Jayapura ini yakni, aplikasi E-Waniambey. Apliasi E-Waniambe dilaunching bertepatan pada penutupan pameran dan expose pembangunan Kota Jayapura yang berlangsung, pada Kamis (16 /08/2018).

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano menyampaikan, pemerintah Kota Jayapura terus melakukan inovasi–inovasi baru dalam memberikan  pelayanan yang istimewa kepada  masyarakat, sehingga pemerintah kembali meluncurkan pelayanan E-Waniambey bagi warga masyarat yang datang berkunjung kekota jayapura.

Tingkat urbanisasi masyarakat di Kota Jayapura, menurut Walikota, cukup tinggi  hingga mencapai rata-rata 20  ribu sehingga harus dilakukan pendataan secara baik dan akurat agar dapat mengetahui dan memantau warga yang datang dan tinggal di Kota Jayapura.

“Semua yang kita lakukan ini  untuk membatasi gerak – gerik orang–orang yang akan melakukan  kejahatan seperti teroris dan lain – lain, maka saya telah luncurkan aplikasi inovsi baru yang diberi nama aplikasi e – waniambey,” kata Walikota

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura Merlan Uloli mengatakan, ini merupakan suatu inovasi baru yang berbasis IT  yang diberi nama E- Waniambey. Waniambey  adalah bahasa Port Numbay yang artinya selamat datang untuk itu warga yang datang berkewajiban meregistrasikan dokumen kependududkannya  melalui apikasi tersebut.

“Aplikasi ini sengaja kami namai Waniambey untuk menghargai kearifan local sekaligus mempromosikan bahasa daerah port numbay,” terangnya.

Ia menjelaskan, latar belakang dari inovasi ini adalah tingginya jumlah penduduk ber KTP luar yang tinggal di Kota Jayapura  kal ini dibuktikan dengan banyaknya penduduk yang memiliki KTP luat terjaring dalam operasi yustisi yang dilakukan.

Aplikasi ini ditujukan untuk mengetahui data akurat penduduk Kota Jayapura yang memiliki E- KTP luar, menghindari masuknya  penduduk yang illegal  serta  memantau mobilitas penduduk luar yang  datang ke jayapura.

“ Aplikasi ini adalah inovasi berbasi android yang dapat di unduhplay store di HP android dan warga tinggal mengikuti petunjuk yang ada dalam aplikasi tersebut untuk melakukan registrasi,”tutupnya. [moza/loy]