Mantapkan Pengawasan Kinerja Pemerintah, Direktorat Kota Gelar Rakorwasda

1681

JAYAPURA, PapuSatu.com – Mengacu fungsi pengawasan  serta penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah, Badan Direktorat Pemerintah Kota Jayapura menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda), Rabu (21/02/2018).

Rapat koordinasi pengawasan daerah pada Pemerintah Kota Jayapura tahun 2018 ini diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Walikota Jayapura dengan Kejaksaan Negeri Jayapura dan Kapolres Jayapura Kota tentang pengaduan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Kota Jayapura.

Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano dalam sambutan yang dibacakan Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru mengapresiasi  kegiatan Rakorwasda yang dilakukan oleh penegak hukum dan pihak pemerintah. “ ini sangat penting  dilakukan karena Rakorwasda merupakan bagian agenda pokok dalam manajemen penyelenggaraan Pemerintah Kota Jayapura,” katanya.

Menurutnya, fungsi pengawasan setara dan fungsi pelaksanaan program pembangunan serta penganggaran daerah yang tertuang dalam APBD Tahun Anggaran 2018, yang telah ditetapkan dan dilaksanakan sebagai pentahapan proses pencapaian visi dan misi pemerintah kota Jayapura 5 tahun ke depan.

Untuk itu,  Inspektorat daerah sebagai aparat pengawasan internal pemerintah memiliki peranan “quality assurance” yaitu menjamin bahwa alokasi anggaran untuk membiayai tugas pokok dan fungsi APD dan unit kerja yang diformulasikan dalam program dan kegiatan dapat terlaksana dengan akuntabilitas baik,  terukur dan tidak ada pemborosan anggaran.

Untuk itu, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah dan pimpinan unit kerja termasuk kepala kampung untuk melakukan pengawasan melekat secara ketat di wilayahnya.

“saya menghimbau agar saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan Rorwasda ini dengan serius untuk menanam pengetahuan wawasan dan informasi sebagai literasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Walikota Jayapura dengan Kejaksaan Negeri Jayapura dan Kapolres Jayapura Kota tentang pengaduan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Kota Jayapura dapat memantapkan pelayanan kepada masyarakat.

“semoga dengan perjanjian kerjasama ini kita bisa lebih meningkatkan kualitas  penyelenggaraan pemerintahan daerah serta kualitas pelayanan kepada  masyarakat di kota port numbai ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kota Jayapura, DR M. Indris,MM mengatakan, Tujuan dari pada kegiatan ini menyamakan persepsi antar lembaga guna mengawasi program-program pemerintah yang dilakukan.

Dikatakan, Pengawasan internal pemerintah harus berperan aktif melakukan pengawasan terhadap penyelenggaran pemerintah terlabih  dalam pengelokaan keuangan APBD termasuk Penggunaan dana lainnya yang lebih baik kedepan.

” kedepan kita akan melakukan pengwasan yang lebih guna terselenggarannya progam – program pemerintahan yang baik,” ujarnya. [moza/loy]