Pemkot Target Puskesmas di Jayapura Akreditasi Paripurna

2925

Caption Foto :Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano menerima Penghargaan Akreditasi Maudia dua Puskesmas yang diserahkan Nurnaini Iriastuti dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementrian Kesehatan, Rabu (25/04/2018). (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano berharap Puskesmas yang ada di Kota Jayapura dapat meraih Akreditasi Paripurna  setelah  dua Puskesmas meraih akreditasi Madiya oleh  Komisi Akreditasi Kementrian Kesehatan, yaitu Puskesmas Kotaraja dan Puskesmas Waena.

“Penggalangan Komitmen  dalam rangka Akreditasi Puskesmas Tingkat Distrik Se- Kota Jayapura akan memiliki arah dalam perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan pengurangan resiko untuk dilaksanakan secara berkesinambungan,” kata Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam perayaan Hari Malaria Sedunia, Rabu (25/04/2018).

Menurutnya, Akreditasi bukan merupakan tujuan utama  melainkan suatu bentuk penghargaan atas  pencapaian organisasi Puskesmas terhadap mutu pelayanannya, akreditasi puskesmas merupakan suatu pengakuan  terhadap hasil dari proses penilayan eksternal  oleh komisi akreditasi  terhadap puskesmas dan fasilitas kesehatan yang sesuai dengan  akreditasi yang ditetapkan.

Walikota  menyadari bahwa Puskesmas di Kota Jayapura masih membutuhkan pengembangan ruang– ruang dan tenaga dokter  di setiap puskesmas yang ada di kota Jayapura.

“Saya berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan  meningkatkan derajat kesehatan  diwilayah kota jayapura  dalam lima tahun ini, karena ini merupakan prioritas saya,” katanya.

Bukan hanya itu, Walikota juga berkomitmen untuk menyelesaikan  pembangunan Rumah sakit Kota Jayapura  yang berstandar internasional  di Koya Barat, Distrik Muara Tami  termasuk menambah lgi satu puskesmas  di daerah padat penduduk di wilayah Youtefa.

“Saya harapkan pihak puskesmas untuk berkoordinasi dengan kepala distrik  dan juga walikota jayapura untuk bagaimana penanganan sehingga bisa mendapat yang tertinggi,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari dua puskesmas di Kota Jayapura telah mendapat akreditasi Madya yaitu Puskesmas Kotaraja dan Puskesmas Waena. Namun pihaknya terus merharap puskesmas di kota Jayapura bisa mendapat akreditasi paripurna termasuk perlombaan kota sehat.

“kita berharap puskesmas kita di kota jayapura bisa mendapat akreditasi Paripurna, Itu target kita. Jadi kita mau membuat kompetisi antar distrik  karena  indikatornya adalah distrik yang memiliki puskesmas terakreditasi. Target kita paripurna dan untuk lomba kota sehat tentunya harapan kita  bisa menjadi pemenang.”harapnya.

Komitmen ini dituangkan dalam aksi penandatangan Penggalangan Komitmen  dalam rangka Akreditasi Puskesmas  Tingkat Distrik Se- Kota Jayapura yang dilakukan Walikota Jayapura Benhur Tomi mano serta semua Puskesmas yang ada di Kota jayapura serta masyarakat dan komponen lainnya .

Sementara,  Nurnaini Iriastuti dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementrian Kesehatan  RI , berharap dengan penyerahan penghargaan sertifikat  akreditas bisa memacu  pukesmas – puskesmas lain yang akan diakreditasi, terutama untuk lintas sektoral yang berkaitan dengan masyarakat.

Dikatakan, Akreditasi dua puskemas tersebut atas penilaian Tahun 2017 dan tiga tahun kedepan pihaknya juga akan kembali melakukan penilaian akreditasi  dimana penilaiannya meliputi standar – standat pelayanan, peningkatan mutu layanan , keselamatan pasien  dan kerjasama lintas sektoran. “ini tergantuk puskesmanya apakan mampu menaikan tingkat  ke lebih tinggi ujarnya.[moza/loy]