Peringati HUT Baden Powell, Pramuka Dituntut Tingkatkan Karakter Diri

2720

Caption Foto :  Upacara Peringatan HUT ke – 161 Baden Powell Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jayapura, Kamis (22/2/2018). (Moza/PapuaSatu.com)

JAPURA, PapuaSatu.com – Peringati HUT Baden Powell ke- 161, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jayapura menggelar apel besar di lapangan upacara Kantor Walikota Jayapura, Kamis (22/02/2018).

Selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Jayapura, Walikota Dr. Drs. Benhur Tommi Mano dalam sambutannya yang dibacakan Plt Sekda Kota Jayapura Jainuddin Konu mengatakan, sejalan dengan tema Hut Bapak Pandu se dunia yang ke -161, mengajak seluruh anggota pramuka untuk meningkatkan solidaritas organisasi Gerakan Pramuka sampai ke jajaran terbawah.

Termasuk Gugus Depan sebagai satuan pangkal pemilihan anggota pramuka diajak untuk bersama-sama membawa generasi muda Kota Jayapura menjadi generasi muda yang beriman, memiliki intelegensi serta kemampuan intelektual yang tinggi dengan pembinaan karakter.

” pembinaan karakter yang terus dilakukan  akan mengarah pada kemampuan individu, untuk dapat membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif seperti narkoba minuman keras dan perilaku negatif lain yang dapat menenggelamkan masa depan generasi muda,” ujarnya.

Jainuddin merasa yakin bahwa saat ini satu-satunya organisasi yang melaksanakan pendidikan luar sekolah adalah gerakan Pramukam, yang diberikan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan karakter bagi kaum muda.

” saya berharap generasi muda di Kota Jayapura khususnya anak-anak sekolah bisa mendapatkan pembinaan kepramukaan, sehingga karakter anak bangsa yang menjadi harapan keluarga termasuk bangsa dan negara dapat diwujudkan,” harapnya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jayapura Jacobua Itaar menyampaikan, melalui perayaan HUT Baden Powell sebagai momentum pembentukan kareakter generasi muda yang merupakan penerus pembangunan Kota Jayapura.

” kita bentuk mereka menjadi genrasi yang andal dan berkarakter serta memiliki wawasan kebangsaan,”ujarnya.

Ditambahkan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jayapura dalam menyambut HUT Kota Jayapura telah menggelar sejumlah kegiatan, mulai dari bakti sosial, penanaman pohon serta pesta siaga untuk tingkat sekolah dasar dalam menunjukan kreasi diri.

” disini mereka tampilkan talenta dan kreaktifitas mereka di tingkat ranting dan hari ini mereka tunjukan. Ini yang kita harapkan generasi muda ini.  Kita bina terus dengan potensi yang mereka miliki,”ungkapnya.

Untuk diketahui, Lord Stephenson Smyth Baden Powell atau yang lebih dikenal dwngan Baden Powel  merupakan Bapak Pandu Sedunia berkebangsaan Inggris yang  peduli terhadap lingkungan.

Dengan melihat begitu banyaknya generasi muda yang terjerumus pada hal-hàl yang negatif dan dari kepedulian itulah  lahir suatu badan pembinaan yang membentuk karakter generasi muda yang oleh perkembangannya hingga ke indonesia yang kemudian disebut Gerakan Pramuka Indonesia.[moza/loy]