Raker Dinkes Kota, Walikota Titip 13 Poin Konsentrasi

428

Caption : Walikota Jayapura Bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari dan staf Dinas Kesehatan Kota Jayapura. Foto : (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Walikota Jayapura Dr. Benur Tomi Mano MM menitip 13 Poin Konsentrasi untuk menjadi perhatian serius dari Dinas Kesehatan Kota melalui Rapat Kerja Dinas yang berlangsung di Aula Badan Diklat Kota Jayapura, Senin (30/04/2018).

13 Poin prioritas yang menjadi perhatian walikota salah satunya, meminta Dinas kesehatan untuk mewujudkan Peningkatan umur harapan hidup masyarakat di Kota hingga ke kampung – kampong.

Kemudian menurunkan angka kematian Ibu dan anak, meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat, menurunkan angka kesakitan akubat penyakit menular, meningkatkan perilaku hidup sehat dan terwujudnya kota  jayapura menjadi Kota Sehat 2019.

Selain itu, terpenuhinya  tenaga kesehatan dan keterseiaan obat,  pengendalian penyakit tidak menular  serta pengupayaan semua prukesmas di kota jayapura memperoleh akreditasi Madya  pada Tahun 2019,  dan peroperasinya Ruah Sakit  Kota Jayapura termasuk  meningkatkan partisipasi  masyarakat dalam mendukung pelayanan kesehatan.

“Saya yakin tujuan pembangunan  kesehatan tidak akan dicapai  dengan upaya dari dinas  kesehatan saja,  namun saya menhimbau semua pihak  agar dengan semangat kemitraan  kita melaksanakan pembangunan kesehatan  untuk mewujutkan kota jayapura yang sehat,” harap Walikota .

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura  Ni Nyoman Sri Antari mengatakan ada beberapa harapan Walikota bagi Dinas kesehatan untuk itu tentu membutukan kerja keras  termasuk berharap masyarakat dapat mendukung  karena kesemuanya ini untuk mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Kami sudah berkomitmen untu itu. Jadi saya berharap peran masyarakat, karena untuk mewujudkan masyarakat sehata adalah dari masyarakat itu sendiri  dan kami tinggal mengarahkan apa yang nantinya akan dikerjakan oleh masyarakat,” kata Ni Nyoman.

Dikatakan, dalam raker ini akan dibahas  beberapa hal, walaupun  waktu yang terbatas namun  pihaknya akan  terus secara rutin melakukan pembahasan dengan para Puskesmas  dan beberapa konsentrasi lain seperti pengoperasian Rumah Sakit Kota Jayapura, upaya akreditasi Madiya bagi puskesmas dan peningkatan pelayanan kesehatan.

“Untuk prioritas kita  sesuai harapan walikota adalah rumah sakit yang harus beroperasi ada tahun 2019 serta akreditasi puskesmas  serta mutu pelayanan yang merupakan harapan masyarakat dapat semakin baik,” ujarnya. [moza/loy]