Sepakat Pindah, Pemkot Berikan Kompensasi Bagi warga

Wakil Walikota Ir. Rustan Saru, MM saat melakukan peninjauan di Lokasi pembangunan Terminal Entrop, Kota Jayapura
Caption : Wakil Walikota Ir. Rustan Saru, MM saat melakukan peninjauan di Lokasi pembangunan Terminal Entrop, Kota Jayapura. Foto : Moza/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pemerintah Kota Jayapura terus melakukan  pematangan kesiapan pembangunan terminal Tipe A  Entrop dengan pengosongan lahan milik pemerintah yang dihuni warga akhirnya membuahkan hasil.

Pemerintah dan Warga setempat sepakat sepakat untuk dilakukan pembongkaran diatas lahan seluas 2,5 hektar tersebut. Bahkan Pemerintah daerah  bakal memberikan kompensasi kepada warga yang memiliki niat membongkar tempat inggal tersebut.

” kita telah melakukan pertemuan dengan warga, baik RT, Kelurahan, Perhubungan dan pertanahan termasuk dinas terkait lainnya. Hasilnya ada kesepakatan bersama untuk dilakukan pembongkaran dan siap membangun Terminal Tipe A oleh Kementrian Perhubungan diatas lahan luas 2,5 hektar,“ kata  Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM saat melakukan peninjauan ke lokasi tersebut, akhir pekan lalu

Lebih lanjut disampaikan Rustan Saru bahwa dari hasil keputusan warga  berencana membongkar sendiri rumah yang ditempati pada tanggal, 4 September 2018.

Hanya saja nilai kompensasi yang akan diberikan kepada warga masih dalam proses. Pasalnya, Pemerintah masih melakukan pendataaan. “Ini tahap pertama dan sudah ada 31 orang untuk bagian barat dan tahap kedua akan dilakukan pendataan mnggu depan,” paparnya.

Yang jelas, tegas Rustan,  akan ada perhatian dari pemerintah daerah untuk memberikan kompensasi kepada warga  yang rumahnya terkena pembongkaran dan pemerintah akan membantu warga dengan membuka  akses jalan selebar satu meter yang akan dilewati  di bagian barat lokasi terminal.

Kendati demikian, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada warga yang  telah membantu Pemkot untuk membangun terminal. Ada langkah positif sehingga 2019 mendatang, Pemkot akan memiliki terminal yang representatif sebagai ikon Kota Jayapura.

“Saya kembali menghimbau kepada masyarakat, mari kita sama-sama mendukung pembangunan  di kota ini agar menjadi wilayah yang aman, indah, nyaman dan damai,” tukasnya.[moza/loy]