Tiga Direksi PDAM Jayapura Dilantik

2323

Caption Foto : Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano didampingi Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro saat melantik 3 Direksi PDAM Jayapura, Selasa (24/04/2018). (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Walikota Jayapura BenhTiga Direksi PDAM Jayapura Dilantikur Benhur Tomi Mano atas nama Pemerintah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura melantik 3 Pejabat Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura masa bakti 2018 – 2023, Selasa (24/04/2018).

Ketiga pejabat ini masing-masing, Entis Sutisna dilantik sebagai Direktur Utama PDAM Jayapura, Ester Maritje Tamba dilantik sebagai Direktur Umum dan Bastian Kapisa dilantik sebagai Direktur Teknik.

Walikota dalam arahannya menyampaikan, Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Kabupaten Jayapura telah berkomitmen untuk mengembangkan PDAM Jayapura, untuk dapat meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh layanan air minum melalui pembangunan jaringan air minum diwilayah pelayanan PDAM.

Namun diakui bahwa pelayanan air minum melalui jaringan perpipaan baru mencapai 50,8 persen. Ini jauh dari target RPJM Kota Jayapura apalagi dihadapkan dengan PON 2020 di Papua sehingga menuntut PDAM untuk meningkatkan target pelayanan.

Untuk menjawab kebutuhan layanan, Walikota menekankan untuk tetap melakukan pembinaan secara terus menerus hingga mencapai kondisi ideal pelayanan yang baik serta apek internal dan eksternal.

“Jabatan yang diberikan merupakan amant yang dipercayakan  dan harus dijalankan, sehingga saya berharap kepada direksi yang baru dilantik untuk lebih meningkatkan koodinasi serta melakukan inovasi – inovaai baru dalam pelayanan kedepan,” ujarnya.

Iapun meminta kepada para direksi yang baru sajadilantikuntuk menghindari utang, karena PDAM yang dipegang adalah perusahaan. “Harus bekerjasama, koordinasi dan komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” harapnya.

Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro berharap kepada Dewan Direksi PDAM yang baru dilantik agar selaly bersinergu dalam menjalankan tugas menuju kepada arah perbaikan, kandirian dan provesional dalam menjalankan fungsi pemenuhan  air bersih bagi masyarakat Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura di tengah tantangan yang dihadapi.

“Direksi harus mampu mengoptimalkan segala sumber daya dan potensi yang ada guna perbaikan dan peningkatan kinerja perusahan sehingga dituntut kreatif dalam mengembangkan perusahaan kearah yang lebuh baik,” harapnya.

Sementara Dierktur Utama PDAM yang baru Entis Sutisna bekomitmen menjadikan PDAM sebagai perusahan yang sehat, prima dan mandiri serta memberikan kontribusi optimal bagi Pemerintah Daerah Baik Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dalam hal Penghasilan Asli Daerah (PAD).

“Kami sudah siapkan program kerja seperti cakupan yang masih rendah dan ini menjadi konsentrasi kita dan kami akan meningkatkan layana,”kata Sutisna.

Entis berkomitmen melakukan  2000 penyambungan baru tiap tahunnya, untuk Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura termasuk penertiban penyambungan liar atau water loses yang mencapai 47 persen.

“Memang kehilangan air kita cukup tinggi. kami akan menurunkan water loses ini karena sangat mengkawatirkan dan tentunya ada pembinaan secara internal,” tuturnya.[moza/loy]