Walikota Canangkan Kelurahan Ardipura sebagai Kelurahan GISA

1530
Caption : Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano didamping Kepala Disdukcapil Kota Jayapura serta Kepela Kelurahan Ardipura saat meninjau pelayanan Dokumen Kependudukan di Kelurahan Ardipura.
Caption : Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano didamping Kepala Disdukcapil Kota Jayapura serta Kepela Kelurahan Ardipura saat meninjau pelayanan Dokumen Kependudukan di Kelurahan Ardipura.

JAYAPURA. PapuaSatu.com – Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,MM mencanangkan Kelurahan Ardipura sebagai Kelurahan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di Kota Jayapura, Sabtu (06/10/2018).

Pencanangan disela pelayanan rekam dan cetak di tempat yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura kepada masyarakat yang berdomisili di kelurahan Ardipura.

Selain itu, Walikota juga secara resmi melepas Operasi Non Yustisi  e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) guna semakin memaksimalakan kepemilikan administrasi kependudukan di Kelurahan Ardipura sebagai Kelurahan GISA serta seluruh kelurahan lainnya yang ada di Kota Jayapura.

“ Saya  juga telah melepas Tim Operasi Non Yustisi  ke Kelurahan Ardipura  termasuk  seluruh Kelurahan yang ada di Kota Jayapura  untuk  mendata  warga yang belum melakukan perekaman e- KTP atau administrasi kependudukan lainnya. Bagi warga yang belum memiliki atministrasi kependudukan  kita akan giring mereka untuk datang mengurus administrasi kependudukan,”ujar Walikota

Caption  : Antusias warga masyarakan Kelurahan Ardipura yang datang untuk mengurus kelengkapan dokumen kependudukan.
Caption : Antusias warga masyarakan Kelurahan Ardipura yang datang untuk mengurus kelengkapan dokumen kependudukan.

Walikota juga memberikan apresiasi kepada Kepala Kelurahan Ardipura serta RT/RW atas kerjasamanaya sehingga  kegiatan pelayanan yang dilakukan Disdukcapil  ini mendapat antusias yang sangat besar dari masyarakat di Kelurahan Ardipura.

“ini sangat luar bias antusias warga untuk melengkapi administrasi kependudukan. Jangan sampai ada keperluan baru berbondong – bonding mengurus dokumen kependudukan padahal semua ini hal yang wajib dimiliki oleh seorang warga Negara,” ucapnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura Merlan Uloli menyampaikan pihaknya akan terus melakukan upayah  jemput bola  dalam proses kependudukan  kepada warga Kota Jayapura seperti yang dlakukan di Kelurahan Ardipura ini dan mendapat respon warga.

“ dengan adanya antusias warga ini merupakan kerjasama lurah dan RT/RW  yang sangat merespon kerja kami termasuk mendata warga mereka yang belum melakukanan perekaman e- KTP dan dokumen kependudukan lainnya. Semua kita layani di sini artinya kantor kita pindah di sini,” kata Merlan.

Lanjut Merlan, upaya ini terkait kelurahan Ardipura sebagai tertib dokumen kependudukan  sehingga wajib untuk setiap RT/RWuntuk mendata seluruh warga Negara yang belum  memiliki dokumen kependudukan.

Bukan kelurahan Ardipura saja, namun Dispendukcapil juga telah melepas Tim Operasi Non Yustisi keseluruh Distrik yang ada untuk mendata setia warga yang belum memiliki kelengkapan administrasi kependudukan.

“kita sudah melepas  tim operasi non yustisi ke seluruh distrik tentunya kita menbutukan dukungan dari Distrik,Lurah dan RT/RW yang lebih mengetahui warganya,”harapnya.

Kepala Kelurahan Ardipura Johanis Freddy Raprap, S.STP, M.Si menyampaikan apresiasi kepada RT/RW maupun warga yang telah datang untuk mengurus dokumen kependudukan yang digelar Dispendukcapil Kota Jayapura.

Untuk itu dirinya  akan berusaha agar  sebelum desembrae semua warga di Kelurahan Ardipura yang wajib KTP telah selesai  melakukan perekaman  sesuai arahan walikota.“saya ucapkan terimakasi karena warga  mau peran serta. Sesuai arahan walikota kami akan upayakan sebelum desember semua warga sudah rekam cetak wajib KTP,”harapnya.

Sementara Salah satu warga Bernadus Yerisetouw, Memberikan apresiasi atas penyelenggraaan pemerintahan di kota Japura terlebih apa yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Jayapura yang langsung turun ke  lapangan untuk memberikan pelayanan bagi warga di Kelurahan Ardipura.

“hari ini saya lihat sangat luar biasa pelayanan ini. Ini Kebijakan walikota yang luar biasa kepada warga yang melakukan pelayanan langsung ke masyarakat, Ada Pemerintah, ada Wilayah Karena ada masyarakat. Atas pelayanan ini saya ucapkan terima kasih,”imbuhnya. [moza/loy]