Walikota Lantik 16 Pejabat Tinggi Pratama dan Plt

298

Caption :  sebanyak 16 Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemkot Jayapura bersama satu Pelaksana Tugas  saat mengambil sumpah janji jabatan di Kantor Balaikota Jayapura, Rabu (28/2/2018). (Moza/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com  –  Walikota Jayapura Dr. Benhur TOmi Mano MM  secara resmi melantik sebanyak 16 Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemkot Jayapura bersama satu Pelaksana Tugas.

Pelantikan tersebut diawali dengan pengambilan sumpa/janji jabatan  dan penandatanganan perjanjian kinerja yang berlangsung di Balai Kota Jayapura, Rabu ( 28/02/2018).

Ke enam belas pejabat yang dilantik merupakan jabatan yang sudah diseleksi rotasi dan mutasi  diantaranya, 9 Pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di mutasi, dan 7 Pejabat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang diseeksi dan 1 Jabatan penunjukan Pelaksana Tugas.

Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano dalam arahannya menyampaikan, penggantian pejabat dilakukan dengan mekanisme terbuka dan secara adil, serta pengisian yang dilakukan sesuai kebutuhan dan kompetensi jabatan.

“Ini dalam rangka meningkatkan motivasi kerja, meningkatkan kinerja organisasi serta optimalisasi sumber daya yang tersedia guna mewujudkan visi dan misi kota Jayapura,” ujarnya.

Oleh karena itu, Lanjut Walikota, mutasi pejabat jangan dinilai sebagai sesuatu yang menakutkan atau meresahkan bagi seorang pegawai negeri sipil.

namun menurutnya, melalui mutasi para pegawai dapat memperoleh kesempatan untuk mengaktualisasikan diri dengan mengusahakan peningkatan prestasi yang optimal dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab sesuai kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Untuk itu, semua pejabat diharapkan  melakukan inovasi dalam menjamin tercapainya sasaran kerja secara berdaya guna dan berhasil guna. Untuk itu pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat atau kepentingan tertentu Namun dimaksudkan untuk pembinaan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyelenggaraan tugas serta pelayanan yang maksimal.

“Ukuran utama yang dilakukan dalam penentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan dengan memperhatikan syarat dan ketentuan kompetensi juga kualifikasi kepangkatan, Pendidikan dan Pelatihan, rekam jejaknya dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”tuturnya.

Ditambakan, penandatangan pakta integritas pernyataan perjanjian kerja oleh seluruh kepala organisasi perangkat daerah ditunjukkan agar masing-masing opini memiliki komitmen dan kesanggupan untuk melaksanakan tugas fungsi wewenang tanggung jawab.

Disamping itu peran yang diemban dan tidak melakukan korupsi kolusi dan nepotisme yang selanjutnya akan dievaluasi setiap tiga bulan sehingga menjadi tolak ukur kesuksesan dalam memenuhi jabatan Sebagai penyelenggara pemerintahan.

Untuk itu, pejabat yang baru saja dilantik diharapkan dapat meningkatkan disiplin dan loyalitas yang tinggi dalam tugas dan kerja di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

“IIngat..!!  saya akan melakukan evaluasi secara terus-menerus bukan panas-panasnya ayam,  tapi apa yang saya katakan itu akan saya lakukan sehingga kapan saja bisa dilakukan mutasi bagi yang memiliki disiplin kinerja yang buruk,” pungkasnya. [moza]