AHM Best Student, Kesempatan Bergengsi Dari Astra Motor Bagi Siswa SMA Multitalenta

20

JAYAPURA, PapuaSatu.com — PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menghadirkan AHM Best Student (AHMBS) dengan tajuk Berkreasi Menebar Inspirasi yang ditujukan bagi seluruh siswa setingkat SMA di seluruh Indonesia.

Pendaftaran dibuka selama periode Rabu (11/5) – Minggu (31/7) dengan mengangkat kepedulian siswa setingkat SMA multitalenta dalam berpikir kritis, kreatif dan terstruktur dalam menjawab isu global yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

“AHMBS 2022 terbuka bagi seluruh siswa di SMU/SMK/MAN yang memiliki nilai rapor minimal 7.0 dan capaian ekstrakurikuler bidang lain yang digeluti seperti seni, olahraga, hingga sosial,” ungkap General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin dalam siaran persnya, Jumat (20/5/22).

Dikatakan, peserta dapat memilih dua kategori pada AHMBS 2022, yakni kategori ide dan kategori invensi.

“Siswa akan melalui berbagai tahapan menantang, diawali dengan penulisan makalah, dilanjutkan dengan presentasi, serta membuat video produk menarik yang ditujukan khusus untuk kategori invensi,” lanjutnya.

Proses penilaian dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat regional hingga nasional pada Juli hingga September mendatang.

AHMBS merupakan salah satu program pencarian dan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi di tanah air.

Program yang memasuki dua dekade penyelenggaraan ini bersinergi dengan stakeholder terkait, seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, sekolah, akademisi hingga praktisi dan para pakar untuk menyaring potensi pelajar SMA melalui beragam tema kompetisi yang disuguhkan setiap tahunnya.

“Kekuatan literasi dan kepedulian sosial merupakan kunci untuk mengikuti dan menjadi siswa terbaik versi AHMBS,” jelasnya.

AHMBS telah menemukan banyak talenta melalui karya dalam bentuk ide maupun invensi yang segar, adaptif dan memberikan dampak nyata bagi kelompok di setiap wilayah siswa.

Kearifan lokal dari berbagai daerah di Indonesia pun turut mewarnai perjalanan dua dasawarsa AHMBS.

“Cikal bakal SDM unggul dan peduli pada sekitar, banyak kami temukan di ajang AHMBS ini,” ujar Muhibbuddin.

Gelaran AHMBS merupakan kontribusi sosial Astra Motor di pilar pendidikan yang dilakukan sejak Tahun 2003 dan telah menghasilkan lebih dari 1.200 orang alumni yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sejumlah alumni AHMBS tercatat telah mewarnai sejumlah profesi dengan berbagai prestasi yang menginspirasi generasi muda untuk mencanangkan cita-cita serta masa depan yang lebih baik.

Di bidang entrepreneur salah satunya yaitu Rizal Alansyah merupakan pemuda asal Jawa Tengah, yang merupakan alumni sekaligus juara 1 AHMBS tahun 2019.
Rizal Alamsyah kini berhasil menjalankan usaha sebagai Produsen Terasi SERASI Berteknologi Osmosis dan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Pada profesi berbeda Gracia Paramitha yang juga merupakan alumni AHMBS tahun 2006 kini berpartisipasi menjadi salah satu Analyst pada forum G20 yang merupakan suatu forum kerjasama multilateral yang diikuti oleh berbagai Negara maju dan berkembang di Indonesia pada tahun 2022.[yat]