Gardu Listrik di Ruko Dok II Jayapura Meledak

764

Jayapura, PapuaSatu.com – Diduga kelebihan beban pemakaian, sebuah Gardu listrik milik PLN Rayon Jayapura yang terletak di Ruko Permai Dok II Jayapura, meledak. Ledakan itu terjadi, pada Kamis (7/9/2017) sore sekitar pukul 15.15 WIT.
Beruntung peristiwa kebakaran itu berhasil dipadamkan oleh tiga unit pemadam kebakaran Kota Jayapura dan 1 Pleton personil Polres Jayapura Kota, serta dibantu alat tabung pemadam api oleh Tim Pemadam kebakaran.
Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena api langsung dipadamkan sehingga merember ke bangunan lain yang berdekatan denganb Gardu listrik. Polisi langsung memasang garis policelines untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).
Supervisor Teknik PLN Rayon Jayapura Ir. Agus menyebutkan, ledakan ini terjadi disebabkan karena beban pemakaian listrik yang lebih besar ketimbang kapasitas gardu PLN tersebut.
“Volume pemakaian tinggi di kawasan tersebut hingga menyebabkan kabel panas dan mengeluarkan percikan api hingga terjadi ledakkan. Kami akan memperbaiki secepat Gardu listrik ini tersebut,” katanya.
Kendati demikian, pihaknya meminta kepada para pelanggaran listrik di kawasan Ruko Dok II Jayapura untuk bersabar karena proses perbaiki Gardu listrik membutuhkan waktu selama satu hari.
Sementara itu, ketika dikonmfirmasi ke Kapolres Jayapura Kota, AKBP M Tober Sirait, membenarkan adanya kasus ledakan Gardu listrik tersebut, dan kini pihak kepolisian tengah melakukan pendalaman atas penyebab ledakann tersebut.
“Kami akan mendalami penyebab ledakan gardu listrik tersebut. Hanya saja, pemilik tempat usaha di sekitar Ruko Dok II Jayapura terpaksa mengalami pemadaman arus listrik,” kata Paur Humas Polres Jayapura Kota disela-sela peristiwa ledakan Gardu listrik tersebut. (Mad)