Ratusan ASN Terima SK Kenaikan Pangkat Otomatis

1348

Caption Foto :  Kepala Kantor BKN Regional IX Paulus Dwi Laksono, saat menyerahkan SK KPO kepada Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi MM, Senin (9/10/2010).  (Humas Pemkot/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com  – Sebanyak 428 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Jayapura, secara sah menerima SK Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IX Papua

Bertempat di lapangan upacara Kantor Walikota Jayapura, Senin (9/10/2017) pagi, penyerahan SK KPO dari BKN Regional IX Papua bagi 428 ASN Pemkot ditandatangani langsung oleh Kepala BKN Regional IX Papua, Paulus Dwi Laksono, dan disaksikan langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota, Sekda, para Asisten, serta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dan ASN di lingkungan Pemkot Jayapura.

“SK KPO yang diserahkan bagi ASN Pemkot adalah sebuah penghargaan tepat waktu yang diberikan berdasarkan kualifikasi dan kinerja ASN, untuk itu bertepatan dengan diserahkannya SK KPO bagi 428 ASN hari ini, kami harapkan Pemkot Jayapura kedepannya bisa menjadi roll model penerapan KPO bagi kabupaten lain di Papua,” kata Dwi Laksono.

Sementara Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano. MM. (BTM) mengatakan, KOP merupakan hak seorang ASN yang diberikan atas pengabdian dan pengorbanan ASN semasa bertuagas, SK kenaikan pangkat yang diserahkan tentunya melaui proses dan syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan kepegawaian yang berlaku.

Pada kesempatan ini BTM juga menegaskan para pimpinan-pimpinan OPD terlebih Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Jayapura, agar  setiap usulan kenaikan pangkat ASN ditunda saja, jika ASN yang bersangkutan tidak menunjukan prestasi kerja yan baik.

“Bagi ASN yang tidak bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan tidak menunjukan prestasi kerja yang baik, usulan kenaikan pangkatnya ditunda saja,” tegas BTM yang sudah meraih berkali-kali piala Adipura selama menjabat Wali Kota Jayapura ini.

BTM meminta kepada seluruh pimpinan OPD, BKPP agar memantau dan memperhatikan para ASN bagi yang tidak kerja serius dan tidak menunjukan loyalitasnya. ” apabila ada ASN maupun pejabat sekalipun yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, sekali lagi saya pertegaskan agar usulan kenaikan pangkatanya dipertimbangkan untuk tidak diproses,” tegas BTM.

BKN Regional IX Papua dan Pemkot Jayapura pada kesempatan ini sekaligus mencanangkan Kota Jayapura sebagai Kota “Role  Model” penerapan KPO bagi ASN, diharapkan Kota Jayapura dapat menjadi “Role Model” bagi 28 Kabupaten yang ada di Provinsi Papua(rdf/nius).