Peringati Sumpah Pemuda, Gapura Gelar Wawasan Kebangsaan

539

CAPTION FOTO) : Ketua Gapura, Jack Puraro, S.PAK, M.Si, bersama para pengurus Gapura. (piet/PapuaSatu.com)

SENTANI,PapuaSatu.com – Gerakan Pemuda Jayapura (Gapura) menggelar Wawasan Kebangsaan, dengan tema “Pemuda dalam Demokrasi”. Wawasan kebangsaan digelar bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Koramil Sentani.

Wawasan kebangsaan ini dilakukan di dua lokasi, yakni di SMAN 1 Sentani dan SMKN Penerbangan, yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi dari dua sekolah tersebut, Jumat (27/10) kemarin.

Terkait hal itu, Ketua Gapura Jack Puraro, S.PAK, M.Si mengatakan, wawasan kebangsaan ini, seiring dengan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2017 (hari ini).

Artinya, kegiatan wawasan kebangsaan ini ada korelasinya dengan isu kekinian, terkait dengan bahaya Narkoba, yang sudah menjadi darurat Narkoba dan bahaya minuman beralkohol, termasuk isu demokrasi dalam hal ini Pilkada Serentak.

“Dengan adanya kegiatan wawasan kebangsaan, semua itu hanya sekeda memperingatkan kembali para pemuda bahwa pernah terjadi kebangkitan pemuda lewat Sumpah Pemuda. Yang mana, pemuda Indonesia pernah berjanji untuk tetap bersatu dalam membangun bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” ujar Jack kepada wartawan usai pelaksanaan Wawasan Kebangsaan, Jumat (27/10/2017).

Karena itu, kata Jack, Wawasan Kebangsaan ini diharapkan dapat mampu membangkitkan kembali semangat Sumpah Pemuda yang harus digelorakan oleh para pemuda saat ini.

“Ya, mudah-mudahan saja wawasan kebangsaan ini, mampu membangkitkan kembali semangat Sumpah Pemuda yang harus digelorakan oleh para pemuda, yang notabene sebagai roh nya pemuda. Sebab, pemuda adalah tulang punggung bangsa, juga sebagai pewaris dan penerus bangsa ini,” imbuhnya.

“Seperti yang kita ketahui ketika bapak pendiri bangsa ini atau sang Proklamator, Ir. Soekarno, pernah menyampaikan bahwa berikan kepada saya 10 pemuda, maka saya akan mengguncang dunia. Itu artinya, sang Proklamator Bung Karno ini tau mengenai kekuatan bangsa ini terletak di pundak dari para pemuda,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri Penerbangan, Drs. Budi Riyanto, M.MPd, mengapresiasi kegiatan Wawasan Kebangsaan yang digelar Gapura pada hari ini (kemarin). Karena kegiatan ini, selain mampu meningkatkan pendewasaan para pemuda untuk bangkit dan menangkal semua pengaruh negatif global yang saat ini mengancam bangsa dan negara ini.

“Semakin banyak kegiatan yang digelar oleh para pemuda, semakin menguatkan kembali semangat Sumpah Pemuda,” tegas Budi Riyanto. (piet/ahmadj)