Porter Bandara Sentani dan Pedagang Pasar di Sentani Terima Bantuan Sembako

315
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako dari Asosiasi Pedagang Sembako Kabupaten Jayapura kepada para pekerja informal seperti porter Bandara Sentani dan pedagang pasar
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako dari Asosiasi Pedagang Sembako Kabupaten Jayapura kepada para pekerja informal seperti porter Bandara Sentani dan pedagang pasar

SENTANI, PapuaSatu.com – Kebijakan pemerintah yang membatasi seluruh akses transportasi, jam operasional pasar, took, dan ekonomi lainnya serta sejumlah kebijakan untuk percepatan penanganan pandemic Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), banyak pihak terdampak, terutama kondisi ekonominya.

Salah satu yang terdampak di Kabupaten Jayapura adalah para pekerja angkut barang (Porter) Bandara Sentani yang tidak bisa bekerja lagi dan para pedagang di pasar yang aksesnya dibatasi hingga pukul 14.00 WIT.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap ekonomi para porter dan pedagang pasar, Pemerintah Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Sembako (APSO) Kabupaten Jayapura menyalurkan bantuan Sembako, seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan mie instan.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada para penerima bantuan di halaman Puspenka, Hawaii, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengungkapkan, pemberian bantuan sosial tersebut guna bisa mengurangi beban dalam  mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

“Untuk membantu sedikit meringankan dan tidak bisa dipenuhi semuanya, maka sedikit bantuan ini agar kita tetap optimis dan kita tetap yakin bahwa Tuhan sedang berkarya,” ujar bupati dalam sambutannya pada penyerahan paket bantuan sembako, Rabu (8/4/2020).

Kata bupati, harus ada kerjasama untuk memulihkan kondisi sekarang ini, dan pemerintah daerah akan mendistribusikan bantuan yang sama ke pihak-pihak lain secara bertahap.

“Khusus hari ini (kemarin) kita berikan ke pekerja porter Bandara Sentani dan mudah-mudahan ini bisa menjadi berkat untuk kita semua,” jelasnya.

Ketua APSO Kabupaten Jayapura, Martinus Hutabarat saat ditemui usai penyerahan bantuan tersebut mengungkapkan bahwa bantuan yang disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Jayapura ada 500 paket Sembako.

“Ini bantuan yang kami kumpulkan dari teman-teman pelaku usaha yang ada di Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

Ia berharap pihak-pihak lain yang memiliki rejeki lebih juga bisa mengikuti langkah yang ditempuhnya, dalam meringankan beban warga yang mengalami keterbatasan akibat kebijakan pengurangan aktifitas ekonomi dalam pencegahan penularan Covid-19.[yat]