Corona Virus Jadi Topik Menarik di Daytime Coffe yang Digelar Karantina Pertanian

0
495

SENTANI, PapuaSatu.com – Corona virus yang banyak memakan korban jiwa di China, menjadi pembahasan menarik di acara daytime coffee, di Hotel Suny Garden Like, Selasa (11/02/20).

Daytime coffee tersebut, digelar Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Jayapura, dengan menghadirkan Pemerintah Kabupaten Jayapura dan sejumlah instansi terkait dan komunitas Bandara Sentani.

Terkait virus corona tersebut, kata Kepala Kantor Karantina Kelas 1 Jayapura, dr. Muchlis Natsir, yang utama bagi masyarakat adalah agar menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Tadi seperti dikatakan Pak Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Jayapura, yaitu menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” ungkapnya saat ditemui wartawan usai acara tersebut.

Papua, kata Muchlis, masih relatif aman karena tidak ada penerbangan yang langsung dari dan ke China.

Namun demikian, kewaspadaan tetap dilakukan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan, dengan melakukan deteksi suhu tubuh para penumpang yang masuk dari luar Papua melalui Bandara Sentani.

Dalam kesempatan daytime coffee tersebut juga dibicarakan tentang bagaimana mengantisipasi membludaknya pengunjung yang masuk ke Papua selama PON XX Tahun 2020 bulan Oktober mendatang, yakni terkait kewajiban ijin karantina yang harus dikantongi bila hendak membawa oleh-oleh berupa produk hewan maupun pertanian.

Disinggung tentang kasus-kasus yang terjadi terkait karantina pertanian dan hewan, Muchlis mengatakan, pada umumnya pelanggaran yang terjadi adalah upaya penyelundupan hewan yang dilindungi, terutama burung cenderawasih.[yat]