Pemerintah Harus Siapkan Tim Ahli Dari Luar Untuk Tangani Covid-19 di Papua Papua

0
833
Tokoh Pemuda Papua, Prof. Septinus George Saa
Tokoh Pemuda Papua, Prof. Septinus George Saa

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Tokoh Pemuda Papua, Prof. Septinus  George Saa meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Kabupaten di Papua, agar menyiapkan tim ahli medis dari luar untuk menangani wabah penyakit di Papua.

Dimana wabah virus Covid-19 menjadi ketakutan besar di seluruh dunia termasuk di Papua. Karena menurutnya, penyakit tersebut bisa meninggal dunia dan berjatuhan dimana-mana, namun apabila hal ini tidak diantisipasi oleh Pemerintah maka masyarakat terus menjadi korban.

Meski diakuinya bahwa secara secara global, manusia yang mati jumlahnya continu lebih banyak penyakit lain, seperti sakit paru-paru, mati karena merokok, alkhol, malaria, aborsi.

Oleh karena itu, Septinus meminta agar pemerintah mengidentifikasi sejak awal dengan menyiapkan segala apapun yang dibutuhkan guna menjawab kalau terjadinya penyakit.

“Saya mengusulkan kepada pemerintah untuk melihat beberapa peniliti atau beberapa tim ahli dari luar sehingga betul betul menangani masalah emergency yang lingkupnnya terjadi di Papua,” katanya.

“Kita harus kontrak tim untuk diperbantukan ahar menggerakan sumber-sumber yang ada guna mengidentiifikasi segala macam hal yang harus disiapkan, sehingga ketika terjadi penyakit wabah seperti Covid-19 ini sudah tau bagaimana cara menanganinya,” katanya lagi.

Diakui bahwa masyarakat yang paling takutkan ketika satu atau dua orang yang posiitif lalu meninggal dan apabila korban lebih banyak lagi maka tidak bisa membendung penyakit ini lagi.

“Jadi kita harus mengidentifikasi sejak awal dengan menyiapkan segala apapun yang kita butuhkan untuk menjawab, termasuk mengidentifikasi sarana dan prasarana tertentu yang disulap menjadi RS darudarat, menjejaki segaa akses di sekitar Papua, seperti Autraslia, News Zeland, Papua Nugini atau dimana saja, dengan mereka memiliki alat-alat kesehatan ,” ujarnya.

Lanjutnya, kalaupun besok pemerintah berhasil menggeser dana untuk menangani Covid-19, maka akan patut diberikan jempol karena berhasil menyelamatkan masyarakatnya dalam penyakit yang berbahaya ini.

“Kita harus menjamin supaya tidak ada korban karena menyiapkan tim ahli dari luar. Sebab tim ini yang bisa memiliki ahli simulasi untuk melihat perkembangan suatu wabah di tanah Papua,” paparnya.

Septinus menegaskan, pihaknya secara pribadi tidak menganggap remeh apa yang sudah kita punya orang-orang yang ada disini, tapi bagaimana kita punya ahli yang betul-betul yang sudah mengalami dan menangani secara serius.

“Sekarang Covid-19  bukan karena mati, tapi kalau kita tidak control dan mati banyak-banyak, maka kasian seluruh keluar yang sudah ditinggalkan, sehingga saya minta untuk harus segera dicegah sejak dini,” tukas Septinus.

Septinus berharap kepada Gubernur Papua, Papua Barat dan pimpinan di daerah, Ketua DPRP, Bupati, dan Walikota/Bupati agar segera cari orang ini dan rekrut untuk memimpin tim khusus agar dia menetapkan langkah setiap plan yang ada. [miki/loy]