Peran Pendampingan KPK Menentukan Predikat Baik LAKIP Papua

878

Caption: Kepala Inspektorat Provinsi Papua, Inspektur Anggiat Situmorang  menyerahkan hasil LAKIP Papua dengan Predikat B kepada Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri saat apel pagi di halaman kantor Gubernur Papua, Senin (19/2/2018) (Ist/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen mengatakan penghargaan yang diberikan KemenPAN – RB kepada Pemerintah Provinsi Papua dengan mendapatkan predikat B tidak terlepas dari peranan pendampingan KPK membenahi semua infrastruktur sistem yang kental dan harus dilakukan berjenjang.

“Ya, sudah mendapatkan nilai B dan juga merupakan bagian dari pendampingan KPK ini kami terus membenahi semua infrastruktur sistem interen yang kental dan harus dilakukan berjenjang sehingga hasilnya sangat signifikan dan kita mendapat nilai B yang sebelumnya C,” kata sekda kepada wartawan di Jayapura, Senin (19/2/2018).

Selain itu, kata sekda, harus ada koordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota dan Ombudsman agar Kabupaten/Kota harus di nilai jangan hanya Kabupaten menjadi presentatif tapi semua Kabupaten juga ombudsman harus turun karena ini adalah pelayanan.

“Puji Tuhan ini ada satu grafik oligif positif yang kita temui dan juga Ombudsman yang selama ini dalam pelayanan publik yang seolah – olah teman – teman di SKPD ini mengabai standarisasi dalam pelayanan dan kita sama ombudsman juga telah melakukan pembenahan – pembenahan dan sudah ada peningkatan penilaian,” jelasnya.

Masalah Kejadian Luar Biasa di Kabupaten Asmat ini juga berkorelasi dengan pelayanan. “Jadi ini berbagai aspek yang harus kami lihat dan harus kita laksanakan kita semua,” ujar sekda.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia kembali memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Papua karena sukses menyampaikan  Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah  (LAKIP) Provinsi Papua tahun 2017 dengan predikat Baik.

“Ya, LAKIP  kita Provinsi Papua sampai 2016 masih dapat nilai CC tapi penilaian LAKIP tahun 2017 sudah mengalami peningkatan dimana kemarin kita dapat penghargaan dari KemenPAN RB tentang penyelenggaraan Pemerintahan dengan predikat B,” katanya.

Penghargaan ini merupakan salah satu komitmen bersama dari semua instansi di Provinsi Papua di masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Lukas Enembe dan Klemen Tinal dimana Prestasi belum pernah di raih Pemerintah Provinsi Papua.

“Baru kali ini kita mendapat nilai Baik, harapan dari pada nilai yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Papua dapat memacu semua SKPD sehingga mempunyai satu komitmen bersama dalam proses kegiatan di instansi masing – masing sehingga semua program dilaksanakan secara terarah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Pihaknya mengajak seluruh pimpinan dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Papua untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik tahun 2017.[piet/loy]