Bupati : Data Memiliki Fungsi Yang Strategis

287

KEEROM, PapuaSatu.com – Bupati Keerom MUH Markum beranggapan bahwa data pemiliki fungsi yang sangat strategis. Selain sebagai dasar perencanaan, membuat keputusan, juga sebagai alat pengendali dan evaluasi terhadap pelaksanaan suatu kegiatan.

Hal itu diungkapkan Bupati Keerom MUH Markum yang disampaikan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Keerom Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM pada Workshop Satu Data Tahun 2018, di Aula Kantor Bupati Keerom, Kamis (13/12).

“Sering kali ditemukan data yang disajikan ke public, khususnya dalam pembangunan baik Nasional maupun Daerah, banyaknya versi dari berbagai sumber. Contohnya, adanya perbedaaan data antara OPD yang satu dengan yang lain. Makanya data sangat penting dan strategis,” ujar Bupati.

Untuk menghindari adanya data perbedaan, pemerintah Kabupaten keerom  melalui Dinas Komonikasi dan Informaskan Kabupaten Keerom menggelar Workshop “ Keerom Satu Data”.

Oleh kerana itu, dalam  konteks pembangunan yang akuntabel, akurasi dan validasi data sangat mutlat diperlukan. Untuk itu, dalam mewujudkan pembangunan yang baik, akuntebel dan berkesinambungan sesuia dengan cita- cita dan harapan masyarakat Kabupaten Keerom, maka satu data dalam membangun.

“Satu data ini sangat penting, karena data akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengembil suatu keputusan atau kebijakan. Hal ini sesuia dengan peraturan pemerintah Nomor 17 Tahun 2017 tentang Satu Data Indonesia,” jelasnya.[alf]