Pemkab Keerom Genjot Program Inseminasi Buatan untuk ternak Sapi

0
266
Caption : Pemkab Keerom Genjot Program Inseminasi Buatan untuk ternak Sapi kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) bersama petugas di di Arso V, Rabu (05/08/2020).
Caption : Pemkab Keerom Genjot Program Inseminasi Buatan untuk ternak Sapi kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) bersama petugas di di Arso V, Rabu (05/08/2020).

KEEROM, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Keerom terus melakukan kawin suntik atau Inseminasi Buatan (IB) pada sapi bagi para peternak Sapi wilayah Kabupaten Keerom.

Pelaksanaan kegiatan IB di Kabupaten Keerom tersebut agar meningkatkan produktivitas ternak sapi potong dan sapi perah melalui kawin suntik. Hal tersebut adalah sebagai salah satu upaya penerapan teknologi tepat guna untuk meningkatkan populasi dan mutu genetik ternak, sehingga dapat menghasilkan keturunan dari bibit pejantan unggul.

Bupati Keerom, Muhammad Markum berharap ke depannya peternak di Kabupaten Keerom dapat memiliki bibit unggul sapi.

“Kegiatan Inseminasi Buatan atau IB, untuk komunitas peternak di Kabupaten Keerom jenis FA Limosin dan Simetal. Saya mengharapkan kepada semua peternak menjadikan ini sebagai motifasi untuk kedepan bisa mempunyai bibit-bibit unggul di Kabupaten Keerom khususnya untuk sapi,’’ katanya, di Arso V, Rabu (05/08/2020).

Bupati Markum menjelaskan bahwa pasar hewan untuk Kabupaten Keerom juga telah disiapkan yakni di pasar Afijar. “Ya, kami terus menerus jadi untuk pasar hewan dan pemotongan hewan untuk kita (Kabupaten Keerom) itu dipasar Afijar tinggal dimanfaatkan lebih maksimal,” jelas Bupati.

Orang nomor satu di kabupaten Keerom menyebutkan, beberapa para peternak juga meminta mesin pencacah rumput  untuk keberlangsungan pakan dari ternak sapi tersebut.

“Untuk mesin pencacah pakan, bersama-sama dengan DPRD Kabupaten Keerom akan dianggarkan ditahun depan. Tahun ini karena situasi pandemi covid-19 maka tidak memungkinkan sehingga kita fokus di kesehatan manusia,” pungkasnya. [ayu]