Penyerahan DPA 2019 Kabupaten Keerom Tunggu Sinkronisasi e-Planing dan SIMDA

1242
Foto: Sekretaris Daerah Keerom, Blasius Waluyo Sejati.
Foto: Sekretaris Daerah Keerom, Blasius Waluyo Sejati.

KEEROM, PapuaSatu.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Keerom Blasius Waluyo Sejati mengungkapkan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2019 akan segera diserahkan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Saat ini proses DPA 2019 tengah memasuki sinkronisasi antara e-Planing dan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA),” ujar Sekda Keerom saat ditemui seusai mengikuti acara Ikatan Guru Indonesia diaula Bupati Keerom, Kamis (14/02/2019).

Masalah DPA, menurut Sekda bisa saja selesai pada hari ini (Kamis,14/2/2019) atau besok, Jum’at (15/02/2019).

“Kami harapkan bisa selesai hari ini atau besok. Memang kemarin itu harus dilakukan sinkronisasi dengan e-planing dan SIMDA, kalau itu sudah jadi saya kira minggu depan sudah bisa dibagi,” ujar Sekda.

Penyerahan DPA kepada OPD sendiri merupakan salah satu tanda bahwa proses pembangunan daerah untuk tiap tahun anggaran bisa segera dilakukan. Dimana jika DPA diserahkan terlambat hal itu akan berdampak kepada kinerja pemerintah dalam penggunaan anggaran.

Untuk Pemkab Keerom, lanjut Sekda, pihaknya berusaha secepatnya agar DPA 2019 bisa segera didistribusikan sehingga program kerja daerah bisa segera dilaksanakan oleh masing-masing OPD.

“Tentu saja hal itu sangat kita pahami. Makanya penyiapan DPA dilakukan sesuai dengan mekanismenya. Sekarang tinggal.kita tunggu prosesnya hingga selesai. Saya kira tidak begitu lama waktunya,” tutur Blasius.

Untuk itu ia berharap kepada semua OPD di Pemkab Keerom untuk segera mungkin melaksanakan program kerja setelah penerimaan DPA. Terutama pada sistem pelelangan pekerjaan, sehingga semakin mempercepat pelaksanaan pekerjaan.

“Secepatnya DPA akan diserahkan sehingga proses pelaksanaannya bisa segera dilakukan. Ketika semua sudah selesai proses pasti DPA langsung dibagikan,” pungkas Sekda. [alf]