Keerom Kembali Capai Universal Health Coverage ProgramJKN

26

KEEROM, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Keerom kembali berkomitmen melakukan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepakatan Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda tahun 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 12.000 jiwa.

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Keerom  Piter Gusbager,S.Hut, M.UP yang didampingi Wakil Bupati Keerom dan Sekda Keerom bersama dengan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jayapura, Djamal Adriansyah yang berlangsung di ruangan rapat Bupati Keerom, Selasa (14/12/2021).

Bupati Keerom Piter Gusbager,S.Hut, M.UP mengucapkan terima kasih atas hubungan kerja sama yang terjalin selama ini antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

“Semoga dengan dilanjutkan kerjasama ini hubungan pemerintah daerah dengan BPJS Kesehatan kedepannya akan lebih baik dan pelayanan kesehatan juga semakin ditingkatkan untuk mendapatkan kepuasan bagi peserta JKN-KIS dalam setiap mendapatkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Rumah Sakit,” ungkap bupati.

Di kesempatan sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah sangat mengapresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Keerom beserta dinas terkait di daerah yang telah ikut berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) khususnya di Kabupaten Keerom.

Iapun mengapresiasi langkah konsisten Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom dalam memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap implementasi program JKN-KIS di Kabupaten Keerom.

“Dan semoga komitmen Pemkab Keerom dalam hal ini dapat berlanjut dan menjadi inspirasi serta motivasi bagi Pemda lainnya yang sudah maupun yang akan melanjutkan Jaminan kesehatan daerah di tahun 2022,” ujarnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom, kata Adriyansah, telah konsisten dalam memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap Program JKN-KIS, salah satunya melalui integrasi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) Pemda Kabupaten Keerom sebanyak 66.382 jiwa atau 103,23% sehingga mencapai Universal Health Coverage (UHC) Program JKN-KIS.

Ia juga menyampaikan, bahwa suksesnya Program JKN-KIS ini karena adanya dukungan dari semua pihak yang telah membantu BPJS Kesehatan, yaitu pemerintah daerah melalui instansi terkait, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pihaknya berharap agar sinergi yang telah terjalin dapat memberikan dampak positif kepada pemerintah daerah dan peningkatan kesehatan masyarakat setempat.[yat]