Nathan Pahabol : Yahukimo Sudah Ikat dan Bungkus Suara untuk Josua

697
Nathan Pahabol
Nathan Pahabol. Foto : Doc/PapuaSatu.com

Sekretaris tim kampanye Papua Cerdas, Nathan Pahabol. Foto : Arie Bagus/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sekretaris tim kampanye Papua Cerdas, Nathan Pahabol mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Yahukimo siap memenangkan Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (Josua) dalam Pilgub 2018.

Dipilihnya Kabupaten Yahukimo sebagai tempat awal pelaksanaan kampanye karena menurutnya, daerah yang merupakan wilayah dari empat suku besar yakni, Yali, Hubla, Kimyal dan Momuna atau yang di singkat Yahukimo ini memiliki luas wilayah terbesar dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

“Selain itu, Kabupaten Yahukimo juga memiliki jumlah penduduk terbanyak setelah Kota Jayapura  dan juga memiliki jumlah suku dan bahasa terbanyak dari beberapa suku yang lain” kata Pahabol kepada wartawan di Kotaraja, Kota Jayapura, Selasa (27/02/2018).

Diungkapkannya juga Yahukimo merupakan tempat yang strategis karena merupaka pintu dan jendela untuk membangun Papua dari berbagai aspek.

“di dalam empat suku besar di Yahukimo juga terdapat sembilan suku lainnya. Karena itu kami tim kampanye Papua Cerdas berani mengatakan Yahukimo sebagai titik awal yang menentukan kemenangan.  Kami siap turun ke masyarakat dari empat suku besar di Kabupaten Yahukimo dan siap ikat suara untuk memenangkan pasangan JWW-HMS” ujarnya.

Pahabol mengutarakan alasan dijadikannya Kabupaten Yahukimo sebagai titik sentral untuk kemenangan pasangan Josua karena sejarah mencatat suku Yali dan Hubla itu adalah satu kerukunan yang tidak dapat terspisahkan.

“itu sudah turun temurun dan ada ikatan yang kuat. Jadi suku Yali itu asli dari Yahukimo sedangkan Hubla itu dari Lembah Baliem tempatnya JWW, jadi tidak mungkin orang Yali dan orang Hubla yang ada di Yahukimo mau menyangkal anaknya”

“Karena itu sebagai anak Yahukimo dan sebagai wakil rakyat dari Yahukimo saya mengklaim bahwa Yahukimo 100% suara ikat, bungkus dan kasih masuk kedalam noken untuk JWW-HMS” pungkasnya. [abe]