Total Dana Awal Kampanye Lukmen dan Josua Capai Angka Rp. 138 Miliar

707

Ketua KPU Provinisi Papua, Adam Arisoy. Foto : Arie Bagus/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.comDana awal kampanye dua pasangan calon gubernur – wakil gubernur Papua yakni Lukas Enembe – Klemen Tinal (Lukmen) dan Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae (Josua) mencapai angka Rp. 138 Miliar.

“untuk dana awal kampanye JWW (Jhon Wempi Wetipo) itu nilainya Rp. 68 Miliar sedangkan untuk LE (Lukas Enembe) nilainya Rp. 70 Miliar”  kata Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoy kepada wartawan di Halaman Kantor Bawaslu Papua, Senin (05/03/2018).

Diungkapkannya, nilai tersebut belum termasuk sumbangan dari perseorangan ataupun lembaga berbadan hukum yang bersimpati kepada kedua pasangan calon tersebut.

“itu baru dana awal kampanye. Proses inikan masih terus berjalan jadi, bagi siapapun yang bersimpati silahkan melakukan setoran ke rekening” ujarnya.

Dikatakannya lagi lagi batasan yang berikan kepada perseorangan yang ingin berpartisipasi kepada kedua pasangan calon tersebut nilainya maksimal Rp. 75 juta.

“sedangkan untuk lembaga berbadan hukum nilainya tidak lebih dari Rp. 750 juta. Jika dari laporan nilainya lebih besar dari dana kampanye maka akan diperiksa lagi berapa besarannya” tukas Arisoy.

Arisoy juga menuturkan bahwa pihaknya akan selalu menonitoring penggunaannya dana tersebut untuk membiayai apa saja. “seandainya diambil Rp. 1 Miliar hal tersebut harus jelas untuk membiayai apa. Entah itu bawar transportasi pesawat, mobil, makan dan lain-lain” tutup Arisoy. [abe]