44 Ketua RT/RW di Kelurahan Imbi Distrik Jayapura Utara Dilantik

1968
Caption : Penandatanganan Pakta Integritas RT/RW Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura, Selasa (12/02/2019).
Caption : Penandatanganan Pakta Integritas RT/RW Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura, Selasa (12/02/2019).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sebanyak 35 Ketua Rukun Tetangga (RT) dan 5 Ketua Rukun Warga (RW) periode 2019-2022 resmi dilantik oleh Kepala Kelurahan Imbi, Elen Yowe, Selasa (12/02/2019).

Kepala Distrik Jayapura Utara, Adam Rumbiak menyampaikan, pembentukan TR/RW bertujuan  untuk memelihara, melestarikan nilai – nilai kehidupan  berdasarkan semangat gotong royong  dan kekeluargaan disamping itu membantu pemerintah dalam  rangka kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatanan  serta menghimpin potensi dan suadaya masyarakat dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini semua kami laksanakan dalama rangka tertib administrasi. Dalam arahan pengantar tugas kami pertegaskan kepada RT/RW yang baru untuk melaksanakan  tugas pokok dan fungsunya sebaik – baiknya baik tugas  dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pembanguan dan pambinaan kemasyarakatan,”harap Adam.

Terkait dengan momen pemilu, lanjut Adam,  dirinya meminta kepada para RT/RW untuk mengedepankan independensi dan pihaknya juga telah menonaktifkan atau berikan cuti bagi beberapa RT/WR yang  ikut dalam pencaloan anggota legis.

“RT/RW harus menempatkan posisinya dengan baik  sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah  sehingga harus netral. akan nada sangsi bagi RT/RW yang tidak netral,”ujarnya.

Kepala Kelurahan Imbi Elen Yowe mengatakan,pelantikan ini baru pertama kali dilakukan sejak dirinya menjabt sebagai lurah dan ini memng diamanatkan oleh undang – undang  sehingga pelantikan  dan sumpah janji  RT/RW  mutlak dilakukan.

“Pelantikan ini sesuai dengan aturan  sehingga  mereka bertanggungjawab atas tugas yang diemban,”ujar Elen.

Dikatakan, Selain melantikan mengambil sumpah  juga dilakukan penandatanganan Fakta Integritas oleh para RT/RW yang berkomitmen membantu pemerintahan distrik maupun Kota pada umumnya dalam penyelenggaraan pemerintahan.“kita akan terus melakukan pembinaan bagi para RT/RW agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” harapnya.

Kesempatan itu juga pemerintah Kota Jayapura  melalui Pemerintahan Distrik menyerahkan penghargaan kepada RT/RW yang sudah purna bakti. [moza]