Pemkot Jayapura Tuntaskan Pendataan Orang Asli Papua

1491
Caption : Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,MM saat menunjukan Buku Data Orang Asli Papua yang ada di Kota Jayapura
Caption : Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano,MM saat menunjukan Buku Data Orang Asli Papua yang ada di Kota Jayapura

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pemerintah Kota Jayapura telah melakukan pendataan Orang Asli Papua  (OAP) Port Numbay di 14 kampung termasuk  Non Port Numbay sesuai arahan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan semua Orang Asli Papua yang merupakan warga Kota Jayapura  telah didata oleh pemerintah Kota Jayapura sesuai instruksi Gubernur untuk mendata seluruh Orang Asli Papua.

“Pendataan orang asli Papua ini berdasarkan marga di seluruh kampung yang da di Port Numbay,” terang Walikota usai meluncurkan Buku Data Orang Asli Papua, Sabtu (06/10/2018).

Pendataan ini lanjutnya, sebagai acuan dalam pelaksanaan program – program pemerintah di setiap Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) sehingga betul – betul tetapas sasaran kepada orang asli Port Numbay.

Menurutnya, Data yang dikumpulkan tersebut berdasarkan marga dan  pemerintah dapat mengetahui berapa jumlah OAP Purnumbay sekaligus alamat, studi, gelara  dan sebagainya  seingga semua terdata dengan baik termasuk  Oap dari suku yang ada di Papua dan Papua Barat

“program ini saya akangkat dalam raker bupati waikota  maka perintah dari bapak Gubernur  agar semua bupati walikota melakukan pendataan orang asli papua diwilayahanya masing – masing. Program ini yang pertama kami tuntaskan,”akunya.

Peluncuran Buku Data Orang Papua Asli ini telah diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas social dan Kemendudukan Provinsi Papua baik pendataan Orang Asli Papua Port Numbai maupun Orang asli Papua  dari berbagai suku yang ada di Kota Jayapura.

Diakui, dari hasil pendataan yang dilakukan, tercatat Orang Asli Papua terbanyak di Kota Jayapura yaitu Orang Serui disusul Biak  kemudian Port Numbay.

“semua orang asli papua di kota jayapura semua telah kita data. Rangking tertinggi yang tinggal di kota jayapura adalah yang pertama orang serui, yang kedua orang biak dan yang ketiga orang asli port numbay meski demikian semua suku yang ada disini merekalah orang port numbay,”terangnya. [moza/loy]