Festival Cross Border, Satgas Perbatasan Tampilkan Band Macan Kumbang

0
669
Tarian tradisional khas Batak yang dikolaborasikan dengan tarian khas Papua yang dimainkan sendiri oleh personel Satgas Yonif 121/MK pada vestifal cross border, di Perbatasan RI-PNG, Skow
Tarian tradisional khas Batak yang dikolaborasikan dengan tarian khas Papua yang dimainkan sendiri oleh personel Satgas Yonif 121/MK pada vestifal cross border, di Perbatasan RI-PNG, Skow

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam iven Festival Cross Border Jayapura yang merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Papua, khususnya yang berasal dari negara tetangga Papua New Guinea (PNG), yang berbatasan darat dengan Indonesia, Satgas Yonif 121/MK turut memeriahkan dengan menampilkan pagelaran musik Band Macan Kumbang.

Kegiatan Festival ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Kementrian Parawisata dan diselenggarakan terpusat di Lapangan Skouw Jayapura Papua pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2018.

Sengaja di laksanakan di Skouw Jayapura, dikarenakan Skouw merupakan gerbang utama antara kedua negara yaitu Indonesia dan Papua Nugini, dimana dari gerbang tersebutlah pelintas-pelintas batas negara yang banyak keluar dan masuk Indonesia.

Satgas Yonif 121/MK yang bertugas sebagai Pasukan Pengamanan Batas Negara yang sedang bertugas di Papua juga menampilkan tarian tradisional khas Batak yang dikolaborasikan dengan tarian khas Papua yang dimainkan sendiri oleh personel Satgas Yonif 121/MK.

Tarian kolaborasi ini merupakan tarian Tor Tor Batak yang digabungkan dan dipadukan dengan tarian khas Papua yang diiringi musik Gondang Batak.

Selain itu juga Prajurit Satgas memamerkan hasil kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh para personel Satgas berupa busur panah dan lukisan yang terbuat dari kulit telur.

Pengunjung yang cukup ramai, baik dari dalam negri maupun dari negara tetangga yaitu Papua Nugini,  antusias mendatangi Festival Cross Border, di tambah dengan melihat pakaian, aksesoris, dan kerajinan Papua.[yat]